Tips Mudah Cara Meningkatkan Antibodi




cara meningkatkan antibodi

Tips Mudah Cara Meningkatkan Antibodi - Antibodi merupakan suatu sistem kekebalan tubuh manusia. Antibodi yaitu suatu protein yang diproduksi oleh tubuh manusia berguna untuk membantu melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Ketika antigen (zat asing) masuk ke dalam tubuh manusia sistem kekebalan tubuh akan terangsang untuk membentuk antibodi. Mengingat pentingnya antibodi maka perlu untuk kita mengetahui cara meningkatkan antibodi pada tubuh.

Antigen yang masuk bisa berupa virus, jamur, atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan juga infeksi. Antigen juga bisa berupa suatu zat yang menyebabkan alergi atau yang disebut dengan allergen. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan antibodi tubuh. Serta ada pula beberapa jenis makanan memiliki kandungan antioksidan alami. Hal itu akan sangat membantu dalam proses peningkatan antibodi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa jenis asupan makanan yang mengandung banyak antioksidan dan sebagai salah satu cara meningkatkan antibodi. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Hindari Stres

Stres adalah salah satu faktor yang dapat memicu penurunan antibodi. Stres dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang memicu penurunan antibodi. Oleh karena itu, metode paling efektif untuk cara meningkatkan antibodi adalah dengan menghindari stres. Meskipun kenyataannya stres tidak dapat dihindari, namun  dapat dilakukan pengelolaan stres dengan benar. Hal yang bisa dilakukan adalah relaksasi. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam.

2. Istirahat Cukup

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan istirahat cukup. Cukupilah kebutuhan istirahat dengan tidur malam setidaknya 6 sampai 8 jam setiap harinya. Proses metabolisme di dalam hati juga terjadi pada saat tidur. Jadi, tidur akan membantu mengembalikan kinerja tubuh menjadi normal, sekaligus mengembalikan kinerja kekebalan tubuh serta antibodi. Beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa pada saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol dalam tingkat yang tinggi dibandingkan pada siang hari.

3. Berhenti Merokok

Sangat terbukti merokok dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya adalah menurunkan antibodi. Berhenti merokok adalah metode paling efektif dalam meningkatkan antibodi.  Oleh karena suplai racun yang disebabkan asap rokok akan berkurang atau bahkan terhenti. Proses dalam meningkatkan antibodi juga lebih optimal dengan diimbangi konsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan.

4. Rutin Berolahraga Namun Tidak Berlebihan

Rutin berolahraga dapat memperlancar peredaran darah sekaligus menyeimbangkan kinerja hormon yang akan melindungi sistem kekebalan tubuh sekaligus antibodi di dalam tubuh. Namun jangan berlebihan, karena olahraga secara berlebih bisa jadi menyebabkan penurunan antibodi. Lakukanlah olahraga selama 30 menit rutin setiap hari. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur tentunya dapat meningkatkan antibodi yang ada di dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Jeruk Atau Jusnya

Vitamin C sangat banyak terdapat di buah jeruk. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang sangat berguna untuk sistem imunitas. Mengkonsumsi buah jeruk juga akan meningkatkan jumlah sel darah putih di tubuh. Sel darah putih yang terdapat di tubuh berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Asupan vitamin C juga dapat mengurangi resiko terhadap munculnya penyakit kanker, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Cara konsumsinya bisa dengan memakan langsung atau dibuat jus, sesuai dengan keinginan dan selera.

6. Mengkonsumsi Brokoli

Dan cara meningkatkan antibodi yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi brokoli. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, dan E. Beberapa vitamin tersebut merupakan pembangkit antioksidan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam brokoli akan merangsang sistem kekebalan tubuh dan secara aktif dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Brokoli bisa dikonsumsi dengan cara dimasak, namun jangan terlalu lembut agar vitamin di dalamnya tidak hilang, karena sayuran hijau baiknya dimasak dengan tidak terlalu lembut untuk tetap menjaga keutuhan vitamin di dalamnya.

Itulah beberapa ulasan cara meningkatkan antibodi secara mudah dan alami yang dapat diterapkan. Dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat tentu akan mendatangkan manfaat bagi tubuh. Namun perlu diingat hal tersebut tentunya akan dirasakan manfaatnya jika dilakukan secara rutin. Oleh karena itu lakukanlah cara-cara di atas dengan rutin.


7:09:00 AM