7 Cara Memperbaiki Blender Dengan Mudah




cara memperbaiki blender

Cara Memperbaiki Blender Dengan Mudah - Blender merupakan alat yang dibutuhkan dalam proses memasak atau membuat minuman seperti jus. Selain itu, blender dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu. Lalu, bagaimana cara memperbaiki blender yang rusak? Memperbaiki blender ini sangat mudah dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Dalam memperbaikinya, hanya dibutuhkan kemauan untuk mencobanya. Selain itu juga mampu menekan biaya pengeluaran rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki blender yang rusak, diantaranya :

1. Melakukan Pengecekan

cara memperbaiki blender merupakan cara pertama yang harus dilakukan pada saat blender mengalami masalah tidak bisa menyala pada saat tombol ditekan on. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian yang terhubung dengan listrik secara langsung.

Caranya, dengan menggunakan tespen untuk membuktikan terdapat adanya masalah atau tidak. Jika tidak terjadi adanya masalah, mungkin bisa saja terletak pada stop kontak yang bermasalah. Jadi, lebih baik coba lagi pada stop kontak yang lain.

2. Bersihkan Mata Pisau Blender

Selanjutnya adalah dengan membersihkan mata pisau pada blender.  Cara ini dilakukan pada blender yang memiliki masalah pada mata pisau yang berat untuk berputar. Hal ini terjadi, karena kurangnya perhatian pemilik blender terhadap blendernya.

Dengan penyimpanan blender yang kurang baik dan asal-asalan dapat menyebabkan pisau terlihat berat untuk berputar.  Jadi, bersihkan mata pisau dan simpanlah blender di lemari penyimpanan atau di kardus blender tersebut.

3. Mengganti Onderdil

Cara memperbaiki blender yang selanjutnya adalah dengan mengganti onderdil dengan yang baru. Hal ini dilakukan bagi blender yang mengalami masalah pada gigi karet yang gompal.  Kondisi ini terjadi karena adanya ketidaksempurnaan penempatan. Antara bagian gigi konektor karet yang terletak di bagian mounting dengan bagian konektor yang ada pada bagian mesin.

Untuk mengatasinya dengan melakukan penggantian onderdil dengan yang baru. Caranya, dengan menurunkan bagian konektor mounting terlebih dahulu agar memudahkan pada saat proses perbaikan. Selain itu, dapat menaikkan bagian konektor mesin. Hal ini dilakukan agar gigi-gigi yang ada bisa kembali terpasang ditempat yang semestinya dengan baik dan sempurna.

4. Mengganti Karet

Selanjutnya adalah dengan mengganti karet yang rusak dengan karet yang baru. Cara ini dilakukan bagi blender yang mengalami masalah pada bagian mounting yang bocor.

Dikarenakan, bagian karet yang terdapat di bagian bosing sudah tidak bekerja dengan baik yakni tingkat keelastisannya sudah mulai menurun.  Hal ini, dapat menyebabkan mesin mengalami kekonsletan karena terkena rembesan air.  Solusinya adalah dengan mengganti bagian karet dengan karet yang baru.

5. Mengganti Karbon Brusnya

Mengganti karbon brus dengan yang baru, dilakukan pada blender yang mengalami permasalahan pada putaran motor yang tersedat-sedat. Proses awal yang harus dilakukan adalah dengan melepaskan bagian gelas blender dengan mesin blender terlebih dahulu.

Kemudian, bukalah baut yang ada pada mesin bawah blender.  Nanti, terlihat ada beberapa bagian komponen yang terdapat pada mesin tersebut seperti kapasitor, kabel-kabel dan motor penggeraknya. Selanjutnya dengan memeriksa pada bagian komponen karbon brusnya.

Hal ini dapat memungkinkan keadaan karbon brus yang sudah tidak layak lagi atau sudah dalam kondisi yang sangat tipis. Selain mengalami permasalahan pada putaran motor yang tersedat-sedat, juga akan mengeluarkan bunga api pada blender. Hal ini juga disebabkan karena keadaan karbon brus yang sudah longgar.

Bisa juga karena akibat per pada bagian karbon brush yang kurang menekan, sehingga timbul percikan bunga api. Jika terus dibiarkan, blender akan panas dan dapat membuat mesin menjadi terbakar.

6. Mengecek Dinamo

cara memperbaiki blender yang selanjutnya adalah dengan mengecek Dinamo. Mengecek dinamo dilakukan jika blender memiliki permasalahan yang terjadi pada motor yang tidak berputar. Bagian motor yang tidak berputar sama sekali biasanya diakibatkan oleh dinamo yang bermasalah. Proses pengecekan dinamo, bisa dengan menggunakan alat yang bernama OHM meter.

Sehingga, dapat diketahui  lebih dini kerusakan yang ada seperti hanya terjadi putus. Apabila jarum menunjukkan angka 3 OHM, maka dapat dikatakan mempunyai lilitan yang baik. Namun, apabila jarum tidak mengalami respon pergerakan, maka lilitan bisa dipastikan ada yang putus.

7. Melakukan Pelumasan

Cara ini dilakukan bagi blender yang hanya berdengung.  Pada saat blender dihidupkan, namun hanya terdengar dengungan saja menandakan bahwa bagian motor sudah seret. Dengungan diakibatkan karena adanya arus yang sebagian masuk, namun tidak masuk secara maksimal.

Sehingga dapat menimbulkan suara dengungan pada blender. Cara mengatasinya dengan melakukan pelumasan pada bagian motor menggunakan pelumas, sehingga perputaran menjadi tidak seret lagi.

Itulah beberapa cara memperbaiki blender, dengan berbagai faktor permasalahan pada blender itu sendiri.  Selain itu, pengguna harus tetap menjaga perawatan blender tersebut agar tidak mengalami permasalahan-permasalahan tersebut.


9:06:00 AM