7 Cara Memperbaiki Cartridge Secara Taktis




cara memperbaiki cartridge

Cara Memperbaiki Cartridge - Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari yang namanya teknologi. Cartridge sebagai komponen alat cetak masa kini menghadirkan kemudahan yang diminati oleh banyak masyarakat. Namun, hanya beberapa yang paham cara memperbaiki cartridge secara taktis.

Namanya teknologi tentunya masih terdapat kelemahan di dalamnya. Untuk itu cartridge masih ada kemungkinan untuk rusak. Oleh karena itu simak ulasan di bawah ini yang membahas mengenai cara memperbaiki cartridge.

1. Beli Cartridge Original

Jika memakai cartridge ada dua pilihan untuk mengembalikan tinta di dalamnya. Yang pertama dengan menggunakan sistem suntik dan yang kedua menggunakan sistem pembelian cartridge yang baru. Biasanya sistem suntik yang sering menyebabkan cartridge rusak karena bisa terjadi kelebihan dalam pengisian.

Hal ini sangat disarankan karena ada beberapa hal yang tidak diketahui yang bisa saja menimbulkan kerusakan. Beli yang original sesuai produk printer yang dimiliki dirasa lebih aman dibandingkan melakukan pengisian menggunakan sistem suntik atau cartridge yang tanpa merek.

2. Lakukan Perawatan Rutin

Jika membuka program printer di dalam komputer atau laptop bisa dilihat ada beberapa pilihan untuk perawatan cartridge. Sebenarnya jika dibiarkan bisa berakibat buruk. Jangan melupakan program yang sudah dirancang untuk merawat printer sekaligus cartridge yang dimiliki.

Buka program printer di laptop atau komputer. Pilih semua opsi yang dijadwalkan secara rutin. Dengan begitu, masalah seperti tinta tersumbat bisa terselesaikan. Salah satu opsi yang bisa ditawarkan di program printer adalah cleaning.

3. Beri Jeda Pada Saat Mencetak

Seringnya mencetak dapat menyebabkan cartridge menjadi rusak. Suhu dalam cartridge akan meningkat dan membuat tinta menjadi tersumbat.

Beri jeda beberapa menit agar suhu cartridge tidak meningkat. Misalnya saja jika mencetak banyak ada baiknya berhenti terlebih dahulu untuk menjaga cartridge tetap dalam keadaan stabil. Komponen lain juga memerlukan jeda untuk mencetak. Jika tidak terjadi keseimbangan antar komponen satu dengan yang lain, maka bisa berakibat fatal.

4. Isi Tinta Secara Berkala

Pengawasan cartridge berkaitan dengan tinta di dalamnya. Seringkali, tanpa kita sadari tinta yang ada tiba-tiba habis. Tinta yang sering habis di saat proses cetak suatu dokumen bisa membuat cartridge dan printer rusak perlahan.

Lakukan pengisian tinta secara berkala agar saat menggunakan printer tidak terkendala. Tinta saat digunakan dalam mencetak bisa berjalan mulus. Waktu yang dimiliki tidak terbuang percuma.

5. Nyalakan Printer Sesekali

Tinta dalam cartridge juga bisa membeku. Apalagi jika jarang digunakan. Lebih parahnya lagi jika tinta dalam cartridge yang jarang digunakan bisa tercampur dengan warna yang lain.

Tidak pernah menggunakan bukan alasan untuk malas menghidupkannya. Sekali dua kali dalam seminggu menghidupkan printer adalah perlu agar cartridge dan tinta di dalamnya bisa terjaga. Sesuaikan hal ini dengan langkah perbaikan lainnya sehingga tidak bolak-balik melakukan perbaikan.

6. Hilangkan Tinta Dengan Penyedot Tinta

Penyebab kerusakan cartridge rusak adalah tinta yang tersumbat. Cara perbaikan ini memerlukan biaya lagi. Beli penyedot tinta yang memang ditujukan pada printer yang dimiliki. Toko komputer sudah banyak yang menjual ini, tidak perlu menuju ke pusat penjualan yang sesuai dengan merk.

Penggunaan alat ini cukup dengan menempelkan bagian ujung penyedot tinta ke kepala cartridge. Sedot hingga tidak ada tinta di dalamnya. Kemudian isi kembali cartridge yang telah kosong tersebut.

7. Bersihkan Chip Cartridge

Tanpa disadari ada bagian di belakang cartridge yang juga mudah menjadi penyebab kerusakan cartridge itu sendiri. Biasanya notifikasi akan muncul di layar komputer jika terjadi kerusakan pada chip. Isi notifikasi diantaranya adalah cartridge tidak dikenal, belum terpasang, dan tidak kompatibel.

Pertama-tama keluarkan cartridge dan bersihkan chip cartridgenya. Gunakan tisu kering untuk membersihkannya. Kemudian, pasang kembali. Penggunaan solder juga bisa digunakan dalam perbaikan chip. Disarankan untuk membersihkannya menggunakan penghapus setelah disolder.

Itulah beberapa cara memperbaiki cartridge secara taktis. Cara-cara di atas dapat diaplikasikan pada semua jenis cartridge di semua printer juga. Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, menuju pusat reparasi cartridge yang berlisensi adalah cara terakhir dalam memperbaiki cartridge. Konsultasikan masalah cartridge yang dimiliki dengan orang yang memang sudah pakarnya.


1:56:00 AM