8 Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 7




caramemperbaikibluescreenwindows7

Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 7 - Bagaimana cara memperbaiki blue screen windows 7? Blue screen merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna windows. Masalah ini bisa saja terjadi dan menyerang baik itu pada komputer ataupun laptop.

Blue screen atau yang bernama Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi dimana windows hanya akan memunculkan warna biru pada layar monitor. BSOD ini muncul karena adalah kesalahan yang ada pada software ataupun hardware. Berikut ini adalah bagaimana cara memperbaiki blue screen windows 7, diantaranya :

1. Restart Laptop

Cara pertama yang harus dilakukan pada saat memperbaiki blue screen adalah dengan melakukan restart laptop. Tekan tombol restart, kemudian tunggu hingga laptop selesai melakukan booting.

Setelah booting selesai, jika komputer belum mengalami kerusakan yang parah akan langsung kembali normal. Namun, jika cara ini tidak bisa mengatasi Blue Screen maka harus memakai cara yang selanjutnya.

2. Gunakan System Restore

Selain restart, cara memperbaiki blue screen windows 7 yang kedua adalah dengan menggunakan system restore.  Pilihan ini digunakan jika windows 7 mengalami perubahan, contohnya dalam menginstal aplikasi yang baru atau merubah setelah apapun. Caranya, klik start kemudian pada kotak pencarian ketik “system restore” dan pilih pada hasil pencarian.

Setelah itu, ikuti petunjuk lalu klik saja next. Kemudian, pilihlah untuk memulihkan tanggal dimana windows yang belum mengalami blue screen.  Setelah itu, klik next seterusnya hingga finish. Biasanya windows 7 akan restart secara otomatis terlebih dahulu setelah melaksanakan system restore.

3. Ikuti Prosedur Safe Mode

Lepaskan semua perangkat yang sedang terpasang pada laptop, misalnya DVD, USB dan sebaginya. Kemudian ikuti instruksi safe mode ini. Caranya, restart laptop, dan pada saat kondisi mati mulailah menekan tombol F8 pada keyboard.  Pengguna laptop harus menekan tombol F8 pada keyboard sebelum logo windows awal muncul.

Kalau berhasil, maka akan muncul backgroud gelap dengan beberapa tulisan berwarna putih.  Lalu, sorot safe mode dan enter. Setelah masuk pada safe mode, akan tampak pada ujung penampilan layar bertuliskan safe mode. Dan klik start, lalu pada kotak pencarian ketik troubleshooting. Setelah itu, pilihlah kendala yang dihadapi windows beserta instruksinya.

4. Gunakan Metode Repair System Operasi Windows

Selanjutnya dengan menggunakan metode Repair System Operasi Windows. Cara ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen yang biasanya terjadi karena adanya file windows yang corrupt. Namun, cara ini memerlukan DVD operasi system windows yang kemudian digunakan untuk repair pada windows.

5. Instal Update Driver

Selain itu, pengguna laptop bisa juga dengan cara lain yaitu dengan menginstal update driver. Untuk mengatasi masalah BSOD dan laptop kembali pulih, dapat dengan melakukan download driver terbaru dari perangkat yang dimiliki.

Caranya dengan klik start – control panel – system & security – system – device manager. Pada opsi kategori hardware pilih pada nama perangkat yang baru saja dipasangkan. Lalu, pilihlah update driver.

6. Scan Malware

Cara memperbaiki blue screen windows 7 selanjutnya, dengan menggunakan scan malware. Malware bisa menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan windows mengalami ketidakstabilan dari sistem. Selain itu, malware bisa merusak bagian paling dalam windows juga bagian yang paling awal dari windows. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan scan antivirus pada malware.

7. Memeriksa Hardware

Meskipun sudah melakukan perbaikan dengan menggunakan software namun belum kembali ke mode semula, pengguna laptop harus memperhatikan bagian hardware laptop. Pengguna laptop bisa melakukan pengecekan pada bagian hardware dengan melakukan cek pada bagian hard disk terlebih dahulu.

Jika kondisi hard disk sudah rusak ataupun kurang baik dapat menyebabkan terjadinya Blue screen pada laptop. Cobalah untuk mematikan windows 7, kemudian lepas hard disk atau RAM kemudian bersihkan.

8. Instal Ulang Windows

Cara memperbaiki blue screen windows 7 yang terakhir adalah dengan menginstall ulang windows. Melakukan install ulang windows adalah salah satu cara jika laptop belum dalam kondisi yang baik. Cara ini digunakan untuk membangun ulang windows yang ada pada laptop, sehingga tidak akan mengalami kerusakan seperti blue screen.

Itulah beberapa ulasan tentang cara memperbaiki blue screen windows 7. Masalah blue screen ini memang bisa terjadi kapan saja. Supaya tidak terjadi lagi, pengguna laptop harus lebih cermat lagi dalam memasang aplikasi baru dan selalu update dengan versi terbaru.


9:26:00 AM