Alat dan Cara Membuat Martabak Manis Ini Bisa Jadi Referensi




cara membuat martabak manis

Cara Membuat Martabak Manis - Jika mendengar kata martabak manis, pasti akan membuat cacing di perut menggeliat bahkan air liur bisa menetes. Martabak dapat dijumpai mulai di tempat makan khusus menjual martabak hingga pedang kaki lima di pinggir jalan. Namun terkadang ada rasa tidak puas dengan porsi dan harga yang dihidangkan. Ada solusi untuk mengakali hal tersebut. Yaitu dengan mengetahui cara membuat martabak manis sehingga dapat membuatnya di rumah.

Alat Untuk Membuat Martabak Manis

Cara membuat martabak manis cukuplah mudah dan dapat dibuat dirumah. Tapi sebelum membuatnya, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan. Alat-alatnya sebagian besar merupakan peralatan dapur, sehingga tidak sulit untuk memperolehnya. Berikut alat untuk membuat martabak manis:

1. Kocokan Atau Mixer

Ini merupakan alat yang wajib ada sebelm memulai cara membuat martabak manus. Alat ini sangat menunjang pembuatan adonan. Sehingga adonan yang dicampur menjadi merata serta menghasilkan martabak berkualitas. Sebenarnya ada kocokan khusus untuk martabak tetapi untuk pembuatan martabak rumahan masih bisa dibuat dari kocokan biasa saja. Kecuali diproduksi dalam jumlah besar. Kocokan berguna mencegah matangnya bahan sebelum dipanggang.

2. Berbagai Jenis Wadah

Saat mencampurkan adonan untuk membuat martabak. Diperlukan wadah yang terbuat dari stainless steel, plastik atau berbahan cukup tebal. Wadah juga harus dipastikan kering serta bersih sebelum dimasukkan adonan.

3. Timbangan

Setelah itu alas berikutnya adalah timbangan. Berguna untuk menimbang bahan adonan agar sesuai dengan takaran baku. Ada dua jenis timbangan, yaitu analog dan digital, keduanya dapat digunakan. Pastikan timbangan akurat, sehingga hasil martabak sempurna disetiap proses produksinya.

4. Kompor

Tidak semua jenis kompor dapat digunakan dalam step cara membuat martabak manis serta dapat menghasilkan martabak manis yang sempurna. Kompor haruslah yang memiliki banyak lubang perapian atau biasa disebut dengan nama kompor lilin. Sangat disarankan gunakan kompor lilin untuk membuat adonan matang sempurna.

Karena kompor ini selain bagus juga cepat dalam proses pemanggangan namun martabak akan matang merata. Selain itu, diperlukan beberapa jenis wadah lebih kecil sebagai tempat bahan-bahan membuat martabak.

5. Loyang Martabak

Alat yang sangat penting dan wajib ada sebelum mencari tahu cara membuat martabak manis adalah loyang. Karena jika tidak memiliki loyang, tidak akan bisa membuat martabak yang sempurna. Bahan yang sempurna adalah yang terbuat dari tembaga, baja, kuningan dan besi cor dan yang terburuk berbahan alumunium.

6. Ayakan

Ayakan bisa dibilang cukup dibutuhkan. Karena dapat digunakan untuk mengayak tepung agar tidak menggumpal. Sehingga martabak manis yang dihasilkan berkualitas baik yang tentu rasanya akan lebih enak.

7. Alat Takar

Diperlukan beberapa alat takar dalam pembuatan martabak. Alat takar itu meliputi, gelas untuk menakarkan bahan yang cair seperti air. Lalu, sendok untuk menakarkan bahan yang berjumlah sedikit, seperti garam dan vanili bubuk.

Cara membuat Martabak Manis

Setelah semua alat sudah dikumpulkan barulah ket ahap pembuatan martabak manis. Caranya cukup mudah dan tidak akan gagal jika mengikutinya dengan benar. Berikut cara membuat martabak manis:

1. Membuat Adonan Awal

Tahap awal dalam cara membuat martabak manis adalah dengan mencampurkan adonan. Pertama campurkan tepung terigu, ragi, baking powder, gula makan 2 sendok, susu bubuk dan air. Lalu adonan diaduk agar tidak ada yang menggumpal serta semua bahan tercampur sempurna.

Jika menggunakan Baking powder double acting adonan harus didiamkan 30 menit. Sedangkan jika menggunakan baking powder single acting hanya perlu didiamkan selama 5-10 menitan.

2. Membuat Adonan Akhir

Tahap berikutnya dari cara membuat martabak manis adalah membuat adonan akhir. Saat adonan awal sedang didiamkan. Masukan margarin sekitar 3 sendok ke teflon. Taruh loyang diatas kompor yang menyala hingga margarin mencair. Lalu diamkan sampai mendingin. Barulah setelah itu kocok telur sampai mengembang.

3. Pencampuran Adonan

Setelah kedua adonan sudah siap, tinggal dicampur menjadi satu. Pertama masukan margarin cair yang telah didinginkan kedalam adonan awal. Lalu masukan juga adonan kocokan telur dengan perlahan.

4. Tuang Ke Loyang

Mula-mula loyang dipanaskan diatas kompor dengan api kecil. Lalu tuang adonan sampai memenuhi setengah bagian loyang. Untuk memastikan tidak ada adonan yang menempel di permukaan serta pinggiran loyang, goyangkan loyang, tutup loyang.

5. Pemanggangan Adonan

Setelah adonan dimasukkan ke dalam loyang, tunggulah sampai martabak kering serta bagian tengah mengeluarkan gelembung. Barulah taburkan 1 sendok makan gula pasir pada permukaan martabak. Tutup kembali loyang, diamkan selama 5 menit sampai martabak matang.

6. Tahap Menghias Sesuai Selera

Setelah martabak matang ini merupakan tahap terakhir dari cara membuat martabak manis. Keluarkan martabak dari loyang dan letakkan di piring. Selagi panas langsung oleskan martabak dengan margarin menggunakan sodet. Lalu tuang susu kental manis, beri topping sesuai selera dan martabak sudah bisa di potong dan siap disantap.

Itulah alat dan cara membuat martabak manis yang bisa jadi referensi. Martabak yang semulanya hanya dapat dibeli bisa dibuat dengan mudah. Topping pun bisa disesuaikan dengan sesuka hati serta jauh lebih murah tentunya.


8:31:00 AM