Pengertian, Cara Kerja dan Cara Setting Router Dengan Mudah




cara setting router

Cara Kerja dan Cara Setting Router - Komputer yang biasanya terdapat di kantor atau di rumah harus terhubung dengan perangkat lain untuk beberapa kepentingan atau keperluan seperti berbagi file. Untuk menjamin efektifitas dalam berbagi file, penggunaan jaringan lokal sangatlah diperlukan. Nah, perangkat yang paling efektif dan efisien dalam pengolahan berbagai jenis jaringan baik jaringan LAN maupun MAN adalah router. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian, cara kerja dan cara setting router dengan mudah.

Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang mempunyai fungsi untuk menganalisis paket data yang ditransmisikan pada sebuah jaringan ke jaringan yang lain. Selain itu, router juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk menentukan sumber dan tujuan sebuah transmisi.

Nantinya router akan menentukan apakah sumber dan tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama atau harus ditransfer dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dalam menentukan hal tersebut router membutuhkan pengkodean informasi untuk sebuah data protocol yang baru.

Cara Kerja Router

Sistem kerja pengiriman data pada router hampir mirip dengan rangkaian listrik seri maupun parallel. Pada umumnya router akan memilih jalur yang tercepat dalam urusan pengiriman sebuah data. Hal tersebut bertujuan agar data ataupun informasi yang dikirim dari subnet satu ke subnet yang lain dapat terkirim secara maksimal.

Perlu diketahui bahwa router memiliki sebuah pencatatan yang disebut dengan metric prefix. Pada setiap alur transmisi jaringan mempunyai metric prefix masing-masing. Dari metric prefix tersebut kamudian router akan membuat sebuah table routing.

Pada saat seseorang mengirimkan data ataupun informasi dari jaringan satu ke jaringan yang lain, maka router akan memilih metric prefix pada table routing yang menunjukan nilai paling optimal kemudian meneruskan data atau informasi yang akan dikirim melalui jalur tersebut.

Cara Setting Router

Router memerlukan 2 buah kartu jaringan yang biasa disebut Network Interface Card (NIC). Dimana NIC tersebut dipasang di masing-masing jaringan. Untuk jumlah jaringan yang terhubung pada router nantinya dapat disesuaikan dengan kapasitas router yang digunakan. Setelah jaringan terhubung, maka yang harus dilakukan adalah mensetting router. Berikut adalah langkah cara setting router dengan mudah, di antaranya :

1. Menghubungkan Router Ke PC Atau Laptop

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa router sudah terhubung dengan PC atau laptop. Untuk menghubungkan router dengan PC atau laptop maka gunakanlah kabel LAN ke port 1. Setelah itu hubungkan kabel LAN dari ISP ke port WAN.

2. Mengatur Ip Address

Bukalah browserkemudian ketik tplinkwifi.net pada address bar atau bisa juga ketik 192.168.0.1. Masuklah dengan mengisi username : admin dan password : admin. Setelah berhasil masuk maka pilihlah fitur networking lalu klik WAN. Jika sudah maka ubahlah connection type menjadi static.

Setelah itu masukkan ip address, subnet mask, primary DNS server, gateway dan secondary DNS server. Isi kolom tersebut dengan lengkap sesuai IP yang diberikan oleh ISP. Apabila sudah diisi lengkap dan benar maka langsung saja klik save.

3. Mengaktifkan Jaringan

Cara setting router yang selanjutnya adalah mengaktifkan jaringan. Untuk dapat mengaktifkan sebuah jaringan maka langsung saja masuk pada fitur wireless. Setelah itu ubahlah wireless menjadi enable. Kemudian ubahlah nama SSID pada wireless network name. apabila sudah selesai jangan lupa untuk klik save.

4. Pengamanan Wifi

Cara yang satu ini sangatlah penting untuk menjaga jaringan agar tetap aman. Untuk pengamanan wifi, masuklah ke fitur wireless, kemudian pilih wireless security. Setelah itu maka pilihlah WPA/WPA2-personal, setelah itu pilihlah WPA2-PSK pada menu version. Jika sudah maka akan muncul kolom pengisian password.

Isilah wireless password dengan minimal 8 karakter kemudian klik save jika sudah selesai. Ingatlah selalu password tersebut supaya mudah saat nantinya akan mengubah atau mengatur kembali jaringan-jaringan tersebut.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang pengertian, cara kerja dan cara setting router dengan mudah. Untuk yang ingin menghubungkan jaringan satu dengan jaringan yang lain, maka dibutuhkan sebuah perangkat bernama router. Cara pemasangan dan cara setting router juga cukup mudah, jadi setiap orang dapat melakukannya.


2:30:00 AM