Cara Memasang Gorden Pintu Agar Terlihat Mewah




cara memasang gorden

Cara Memasang Gorden Pintu - Membuat suasana rumah dengan kesan menarik, Biasanya sedikit kesulitan. Sebab, penghuni rumah tidak mengerti bagaimana cara menata interior pendukung untuk terlihat baik sesuai dengan yang ada. Salah satunya yaitu pemilihan dan pemasangan gorden pintu. Dimana gorden pintu adalah ornamen untuk keindahan pintu. Namun, masih banyak orang yang sulit atau kurang tahu mencari warna atau model gorden yang tepat. Bahkan cara memasang gorden pintu pun mereka belum mengerti. Untuk itu dibawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara pemasangan gorden dan pemilihan warna yang sesuai dengan tema rumah yang ada.

Menentukan Gorden Yang Cocok Untuk Rumah

Dalam memperindah suatu ruangan kehadiran tirai bisa mempengaruhi untuk nuansa dan suasana dalam rumah. Warna, motif dan tekstur dalam pemilihan gorden pintu juga menjadi faktor utama. Agar keberadaan dalam ruangan terlihat semakin efektif. Fungsi dari gorden yang diharapkan bisa bermacam-macam.

Untuk itu model gorden yang dicari haruslah sesuai dengan kondisi rumah. Sehingga cara memasang gorden pintu terlihat cantik. Terlebih lagi bahan yang digunakan dalam pembuatan gorden juga harus diperhatikan. Seperti gorden yang terbuat dari bahan satin, katun, polyester, dan beludru. Tahapan ini yang selalu menjadi penentu utama sebelum memasang gorden pintu.

Tahap Pemasangan Gorden Pintu Yang Benar

Memasang gorden pintu tidak lah mudah. Butuh beberapa tahap agar kesan indah dan rapi dapat ditemukan. Untuk itu berikut ini akan ada cara memasang gorden pintu yang sesuai :

1. Tentukan Ukuran Gorden

Dimana dalam pengukuran gorden pintu harus dengan tepat. Jika pengukurannya dilakukan tidak tepat maka gorden yang selesai dipasang tidak akan terlihat sesuai. Sehingga pada tahap pengukuran, seseorang harus dengan tepat dimana jarak terbaik telah ditentukan sehingga pemasangan gorden nantinya akan terlihat baik dan cocok.

2. Gunakan Ukuran Kain Lebih Panjang Dari Ukuran Pintu

Cara memasang gorden pintu selanjutnya adalah menggunakan kain gorden yang mana panjangnya melebihi ukuran pintu rumah. Agar kesan mewah dan elegan terasa di dalam rumah. Meskipun kain gorden dibuat lebih panjang dari ukuran pintu, namun jangan terlalu panjang juga setidaknya lebihkan sekitar 15/20 cm. Hal ini perlu diperhatikan soal gorden pintu dari panjang gorden yang harus disesuaikan dengan ukuran pintu. Jika rumah memiliki desain interior klasik. Misalnya, memakai gorden pintu dengan panjang kain hingga menyentuh lantai agar semakin menonjol kesan nuansa megah.

3. Memilih Warna

Selain menentukan desain tirai dan gorden yang sesuai, pilihan warna juga sangat mempengaruhi tampilan pintu rumah nantinya. Untuk gorden pintu, pilihlah warna yang cerah dan sesuai dengan kondisi rumah. Apalagi untuk desain pintu rumah yang berukuran tidak terlalu besar, sebaiknya hindari memakai gorden pintu yang berwarna monokrom. Pasalnya, warna tersebut dapat membuat ruangan tampak pengap. Sedikit tips, cobalah pilih warna gorden putih, dusty pink, peach, atau warna-warna kalem lainnya.

4. Pilih Penggantung Gorden

Setelah mengukur pintu dan menentukan desain gorden pintu yang akan dipasang, maka langkah selanjutnya dalam pemasangan gorden pintu adalah memilih jenis penyangga. Pemilihan penyangga gorden pun tidak bisa dilakukan sembarangan, maka dari itu harus disesuaikan dengan desain gorden serta bentuk pintunya sendiri. Untuk pemasangannya pun pastikan juga penyangga gorden cukup lebar.

5. Memasang Kain Gorden Pintu

Setelah melakukan tahap pemasangan penyangga dengan kuat, maka langkah selanjutnya adalah memasang kain gorden. Kain gorden pintu yang telah dipasang pada posisi yang tinggi. Pemasangan tersebut mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Ini penting untuk dilakukan, terutama pada ruangan yang berukuran sempit. Memasang kain gorden pintu terlalu pendek termasuk kesalahan fatal dalam pemasangan gorden pintu.

6. Gantungkan Gorden Di Posisi Yang Benar

Ketika menggantung gorden pintu harus diperhatikan posisinya. Pemasangan gorden pintu yang baik, sebaiknya digantung setengah jalan antara bagian atas pintu dan langit-langit atau juga lebih tinggi. Tempat yang pas untuk letak instalasi tangkai besi gorden adalah dibawah langit-lagit. Dengan begitu pemasangan gorden pintu lebih tinggi akan menciptakan visualisasi ruangan terlihat tampak lebih tinggi dan luas.

7. Finising, Cek Kerapian Gorden

Tahap terakhir yaitu, cek kerapian dalam pemasangan gorden. Pengecekan kebersihan dan kerapian biasanya juga mempengaruhi kesan mewah dalam gorden yang telah dipasang. Jika masih kusut atau kotor, dapat dibersihkan dan dirapikannya terlebih dahulu sebelum akhirnya dipasang.

Cara memasang gorden pintu inilah bisa dilakukan dengan baik. Sehingga kesan mewah dalam desain interior terlihat menarik.


9:36:00 AM