Cara Memasang HDMI Dongle Anycast Pada Laptop




cara memasang hdmi dongle

Cara Memasang HDMI Dongle Anycast - Sudah tidak asing lagi mendengar kata HDMI sebuah perangkat penting yang digunakan untuk menghubungkan melalui komputer maupun laptop. Dan lebih penting lagi bahwa HDMI kini memiliki berbagai jenis, kelebihan dan juga merek yang ternama. Namun bagaimana dengan adanya HDMI Dongle yang dapat disambungkan ke LCD proyektor menggunakan laptop? Apakah lebih mudah ataukah lebih rumit? Dari sinilah yang menjadi kebingungan para pengguna yang ingin menyambungkan laptopnya pada LCD Proyektor. Untuk saat ini tidak perlu bingung lagi mengenai bagaimana cara pemasangannya sebab berikut ini akan dijelaskan beberapa cara memasang hdmi dongle Anycast dari Laptop :

1. Siapkan Peralatan Pendukung

Di awal cara memasang hdmi dongle sebaiknya perhatikan juga komponen yang akan digunakan. Dalam tahap ini pemasangan hdmi dongle Anycast harus menyiapkan terlebih dahulu alat-alat tersebut yang akan dibutuhkan seperti :
  • Laptop, sebagai media awal yang akan dihubungkan pada proyektor nantinya.
  • HDMI Anycast, konektor yang menghasilkan audio dan perangkat visual yang berkualitas
  • LCD proyektor, layar yang akan digunakan untuk menampilkan suatu gambar
  • Adaptor HDMI to VGA, sambungan untuk perangkat keras jika dibutuhkan.
Dari beberapa komponen tersebut merupakan komponen yang pasti digunakan dalam pemasangan suatu kegiatan yang menggunakan kabel HDMI. Namun LCD proyektor buatan oleh Jepang akan diperintah untuk menyediakan HDMI to VGA sebab proyektor buatan Jepang belum memiliki colokan HDMI. Sedangkan pada LCD masa kini sudah dilengkapi HDMI sehingga tidak diperlukan lagi HDMI tambahan seperti HDMI to VGA.

2. Pasang Semua Kabel Penghubung

Dalam tahap pemasangan ke proyektor. Pastikan juga semua kabel HDMI yang diperlukan sudah terhubung pada sumber listrik. Jika sudah terhubung semua perangkat pada saluran listrik maka LCD dan juga laptop harus dipastikan menyala dengan baik. Agar tidak ada kendala lagi nantinya.

Ketika tahap penghubungan kabel, pastikan juga jangan sampai ada konsleting listrik. Sebab konsleting listrik akan membahayakan. Jadi pastikan semua dalam kondisi aman dan baik. Setelah semuanya aman barulah LCD Proyektor akan muncul sebuah tampilan desktop pada layar laptop yang telah tersalur ke proyektor. Dari sinilah hdmi dongle juga sangat penting dalam pemasangan pendukung dari sistem pengoprasionalan eksternalnya.

3. Pengecekan Konektivitas HDMI Dongle Pada LCD proyektor

Setelah tampilan desktop terlihat maka kalian bisa mengeklik tombol "windows+C" secara bersamaan. Namun tampilan ini tidak akan sama di masing-masing laptop. Sehingga tampilan dekstop bisa disesuaikan dengan berbagai windows yang digunakan, misalnya untuk windows 8 bisa menyesuaikannya.

Lalu pada desktop akan muncul beberapa ikon yang akan digunakan. Yang mana perintah untuk Klik "ikon device" yang ada di sebelah kanan. Jika windows yang digunakan adalah windows 8. Hasil dari klik ikon device akan keluar ikon project. Dari sini akan muncul sebuah tampilan monitor Anycast. Jika HDMI yang digunakan adalah HDMI Anycast.

4. Menyambungkan HDMI Anycast LCD Dari Laptop

Ketika klik ikon device tahap selanjutnya akan muncul tampilan monitor Anycast. Di mana tampilan tersebut akan muncul jika cara memasang hdmi dongle Anycast terhubung dengan sempurna di LCD. Untuk mengetahui keberadaan Anycast dapat dilihat dengan sambungan yang terkoneksi dengan baik, sehingga pendeteksian anycast bisa diketahui secara otomatis. Setelah semua terkoneksi barulah di layar monitor akan muncul ikon "monitor Anycast". Cukup menunggu beberapa saat saja hingga koneksi berjalan sempurna dan tampilan laptop akan muncul di layar LCD.

5. Mencoba Mengkoneksikan Laptop

Jika layar laptop sudah muncul di layar LCD proyektor. Maka cara memasang HDMI Dongle ini sudah berhasil dan proyektor sudah bisa digunakan sebagai bahan presentasi atau pun kegiatan lainnya. Untuk melihat cara pemasangannya memang sangat mudah, namun jika tidak tepat pemasangannya juga akan berakibat mengulang hingga semuanya terkoneksi dengan benar.

Dengan pemilihan hdmi dongle anycast, presentasi akan menjadi simpel daripada dengan mengandalkan koneksi via kabel VGA. Bahkan penghubungan ini, juga masih bisa dihubungkan melalui smartphone dalam radius 20 meter. Sehingga pengontrolan dalam persentase suatu kegiatan yang menggunakan layar LCD dapat terkontrol dengan baik. Dengan adanya fungsi HDMI Dongle semua kegiatan presentasi akan lebih ringan.


4:37:00 AM