Cara Memasang SMS Banking dan Tarif Penggunaannya




cara memasang sms banking

Cara Memasang SMS Banking - Memiliki akun SMS Banking BRI memang sangat diperlukan karena bisa memudahkan saat melakukan transaksi perbankan. Segala transaksi bisa dilakukan melalui SMS banking seperti transfer, beli pulsa baik token listrik maupun pulsa handphone dan mengecek saldo. Dengan begitu tidak perlu repot lagi datang ke kantor BRI guna melakukan transaksi yang diinginkan. Berikut ini cara memasang sms banking BRI yang harus diketahui. Mari kita simak ulasannya.

Langkah-Langkah Memasang Sms Banking BRI

Sms banking tidak serta merta bisa digunakan begitu saja. Sebelumnya kita harus mengikuti cara yang ditentukan untuk menggunakan layanan ini. Berikut ini beberapa langkah cara memasang sms banking BRI, diantaranya:

1. Datang Ke Bank BRI

Langkah pertama dalam cara memasang sms banking BRI adalah datang langsung ke bank. Nasabah bisa datang dengan membawa persyaratan seperti fotokopi kartu ATM, buku rekening BRI dan fotokopi KTP. Pendaftaran untuk pemasangan sms banking ini tidak dikenakan biaya sehingga akan semakin memudahkan segala kepentingan nasabah dalam melakukan transaksi. Sampaikanlah keperluan untuk memasang sms banking pada pihak bank yang menyambut ketika masuk ke area kantor BRI terdekat.

2. Mengisi Formulir

Begitu tiba di kantor cabang bank BRI nasabah akan diarahkan oleh pihak bank untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Cara memasang sms banking bisa dilakukan dengan mengisi formulir aplikasi permohonan registrasi sms banking yang tersedia di kantor cabang bank BRI. Isilah data diri sesuai dengan kartu identitas dan keperluan yang diinginkan, dalam hal ini memasang sms banking. Pengisian formulir tersebut sangat penting sebagai database bagi perusahaan untuk menyimpan data nasabah yang menggunakan layanan sms banking BRI.

3. Menuju Ke Bagian Customer Service

Langkah selanjutnya untuk memasang sms banking adalah menuju ke bagian customer service ketika sudah sampai di bank. Customer service sendiri memiliki tugas untuk melayani segala kebutuhan nasabah salah satunya membantu memasang sms banking di ponsel nasabah. Persyaratan administrasi yang sebelumnya dibawa oleh nasabah selanjutnya akan diproses oleh pihak customer service untuk dijadikan data pengguna layanan sms banking BRI.

4. Mendaftarkan Nomor Telepon

Sesuai dengan judulnya, sms banking berarti menggunakan nomor telepon dalam penggunaannya. Setelah nasabah bertemu dengan bagian customer service, nasabah akan diminta untuk menyebutkan nomor telepon yang saat ini aktif untuk kemudian didaftarkan pada layanan sms banking BRI. Nomor tersebut harus selalu dalam keadaan aktif jika ingin melakukan transaksi perbankan. Apabila nasabah ingin mengganti nomor telepon bisa datang lagi ke bank BRI terdekat.

5. Pastikan Memiliki Cukup Pulsa

Langkah dalam cara memasang sms banking BRI selanjutnya adalah memastikan bahwa nomor telepon yang didaftarkan memiliki cukup pulsa pada saat itu. Pulsa sendiri memang dibutuhkan dalam proses aktivasi sms banking. Oleh karena itulah sebelum pergi ke bank ada baiknya mengecek pulsa nomor telepon terlebih dahulu. Jika nomor telepon sudah didaftarkan tunggulah beberapa saat. Setelah itu layanan sms banking sudah bisa digunakan oleh nasabah.

Tarif Penggunaan SMS Banking

Mengaktifkan sms banking tidak dikenakan biaya pendaftaran dan administrasi. Potongan administrasi per bulan antara nasabah yang menggunakan dan yang tidak akan tetap sama. Namun meskipun demikian transaksi menggunakan sms banking tetap dikenakan tarif. Tarif tersebut tidak dibayarkan ke bank melainkan ke operator penyedia jaringan seluler. Tarif dihitung per sms dan akan lebih mahal daripada sms biaya yaitu sekitar Rp 250,00- Rp 1.000,00 tergantung masing- masing operator.

Apabila nasabah menggunakan kartu prabayar biaya akan dipotong langsung dari pulsa. Jadi sebelum menggunakan sms banking pastikan dulu memiliki pulsa yang cukup. Namun jika nomor telepon menggunakan pascabayar maka biaya tagihan akan dibayarkan per bulan. Apabila ada transaksi menggunakan sms banking dan dicek terdapat biaya tambahan itu bukan karena sms banking-nya. Namun memang transaksi tersebut berbayar sebagai contoh transfer ke bank lain akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500,00 rupiah.

Nah itulah cara memasang sms banking dan tarifnya yang harus diketahui. Karena dalam melakukan transaksi harus selalu memakai pulsa jadi pastikan selalu memiliki pulsa yang cukup agar tidak menghambat proses transaksi perbankan. Sehingga nasabah akan semakin merasakan manfaat dan kemudahan yang diperoleh dengan penggunaan sms banking.


2:08:00 AM