Cara Membuat Ikan Bakar Kecap Yang Benar




cara membuat ikan bakar

Cara Membuat Ikan Bakar Kecap - Sudah menjadi rahasia umum, jika ikan bakar kecap memiliki cita rasa sangat lezat apalagi jika dimakan dengan satu piring nasi putih hangat pasti akan menggugah selera makan. Ikan bakar menjadi menu andalan favorit yang paling diburu ketika berkunjung ke pantai, danau, waduk, bahkan sampai warung kaki lima. Agar bisa menghasilkan cita rasa yang enak harus mengetahui bagaimana cara membuat ikan bakar yang benar.

Ikan bakar termasuk masakan yang proses pengolahannya minim dengan cita rasa yang juara. Berikut merupakan beberapa langkah cara membuat ikan bakar kecap, di antaranya :

1. Pilih Jenis Ikan Yang Berdaging Tebal

Tidak semua ikan bisa diolah dengan cara dibakar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ikan yang berdaging tebal. Tujuannya agar tidak mudah hancur saat dibakar nantinya. Misalnya saja ikan gurame, ikan bawal, ikan kakap, barunang dan lainnya. Hindari memilih ikan yang berdaging tipis karena daging ikan akan mudah hancur saat dibakar. Misalnya saja penggunaan ikan kembung karena dagingnya yang tipis dan sangat mudah hancur di atas panggangan, selain itu ikan kembung jika salah dalam mengolah juga bisa beracun.

2. Pilih Hanya Ikan Segar

Hal yang harus diperhatikan agar ikan tidak hancur saat dibakar adalah memastikan ikan yang diolah adalah ikan yang masih segar. Selain tidak mudah hancur saat dibakar, ikan segar juga memiliki citarasa yang manis dan segar. Akan lebih baik lagi jika memilih ikan hidup yang kemudian baru dipotong setelah dibeli.

3. Cuci Bersih Dan Belah Ikan

Cara membuat ikan bakar selanjutnya yaitu bersihkan ikan dari sisik dan kotoran sebelum dibakar. Jangan lupa mengerat atau mengiris daging ikan agar bumbu bisa meresap dalam dagingnya. Jika ingin rasa lebih mantap lagi, belah ikan dengan posisi melebar agar bumbu lebih meresap dan matang sempurna.

4. Lakukan Marinasi Ikan

Proses paling utama dalam menentukan rasa ikan bakar adalah marinasi. Ikan yang telah dibelah, kemudian rendam ikan ke dalam bumbu/marinasi. Cara sederhana dalam proses ini yaitu dengan merendam ikan dalam campuran air jeruk nipis dan garam untuk mengurangi aroma amis ikan. Jika ingin rasanya lebih lezat bisa tambahkan rempah-rempah yang dihaluskan seperti bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan kemiri secara merata, lalu simpan dalam kulkas selama setengah hingga satu jam. Setelah bumbu meresap, ikan bisa dibakar seperti biasanya.

5. Oleskan Minyak Pada Ikan Dan Panggangan

Untuk mencegah ikan lengket pada panggangan, bisa mengoleskan minyak secukupnya pada tubuh ikan dan panggangannya. Tapi kalau bumbu yang dipakai sudah menggunakan minyak, maka sudah cukup tidak perlu ditambah minyak. Selain minyak, bisa juga menggunakan margarin. Karena akan membuat ikan bakar asam manis, jadi olesi ikan dengan kecap manis dan perasan jeruk nipis.

6. Bakar Hingga Matang

Ketika membakar ikan selain menggunakan alat penjepit ikan, bisa juga menggunakan teflon  atau wajan. Oleskan kembali bumbu ikan asam manis secara merata saat membakar dan bakar hingga matang. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap sempurna meskipun dibakar. Jangan terlalu sering dibalik, kecuali sudah benar-benar matang atau kering. Jika khawatir ikan masih lengket, bisa juga mengalasinya dengan daun pisang atau alumunium foil.

7. Perhatikan Suhu Panggangan

Kalau ingin membakar ikan dengan wajan atau teflon, sebelum memasukkan ikan pada wajan, harus pastikan suhu wajan dan minyak sepanas 100' C. Karena suhu dalam wajan akan turun ketika menambahkan ikan, pastikan bahwa ikan tidak pada suhu lemari es sehingga panas akan pulih lebih cepat. Keluarkan ikan keluar dari kulkas setidaknya 15-30 menit sebelum dimasak. Panaskan wajan, hingga jika meneteskan air, tetes air itu langsung menguap. Nah itulah saat yang tepat untuk memanggang atau membakar ikan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat ikan bakar yang dapat dinikmati bersama keluarga di rumah? Pastikan ikan yang digunakan masih segar tidak mengeluarkan bau yang tidak enak. Sajikan bersama nasi hangat dan es jeruk agar terasa lebih mantap dan sedap.  Bila suka bisa ditambahkan sayuran seperti mentimun, selada dan kemangi untuk menetralisir amisnya.


5:29:00 AM