Cara Membuat Jagung Serut Manis dan Enak




cara membuat jagung serut

Cara Membuat Jagung Serut Manis - Camilan yang sedang sangat digandrungi adalah jagung serut, selain enak makanan ini juga kaya akan zat gizi. Bahan yang diperlukan pun sangat sederhana yaitu hanya jagung manis yang berkualitas dan toping sesuai selera. Tahapan cara membuat jagung serut pun mudah untuk diikuti.

Sedangkan untuk alat-alat yang diperlukan pun tidak kalah simple yaitu hanya panci untuk merebus, alat serut dan wadah sajian. Bahan-bahan yang sangat mudah dijumpai, membuat sajian makanan enak tidaklah menyulitkan. Berikut cara membuat makanan yang sedang sangat ngetrend ini;

Memilih Jagung Yang Bagus

Tahapan pertama dari proses cara membuat jagung serut dimulai dari memilih jagung yang tepat. jagung yang bagus dan segar akan membuat rasa manis dari jagung semakin kuat terasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih jagung, yaitu;
  • Daun yang membungkus jagung dalam keadaan utuh, berwarna hijau, dan lembab
  • Rambut jagung yang sudah siap olah berwarna hitam dan juga terasa lembab
  • Teraba semua biji jagung utuh

Merebus Dengan Teknik Yang Tepat

Cara membuat jagung serut yang berikutnya adalah dengan merebus jagung. Jagung yang masih segar hanya membutuhkan waktu perebusan sekitar 3-7 menit. Sedangkan untuk jagung yang sudah dipetik beberapa hari membutuhkan waktu sampai dengan 15 menit. Hal ini dikarenakan perubahan konsistensi jagung menjadi zat pati.

Teknik merebus jagung yang tepat akan menghasilkan jagung rebus dengan rasa manis alami. Dalam proses perebusan daun jagung tidak boleh dikupas habis. Menyisakan beberapa lembar daun akan memberikan efek manis pada jagung.

Air rebusan pun dapat ditambah dengan daun ganyong, sejenis umbi-umbian yang dapat pula untuk dikonsumsi. Dengan rasa manis yang dimiliki akan menambah cita rasa pada hasil jagung rebus.

Tiriskan Dan Persiapan Menyerut

Setelah jagung matang, angkat dan tiriskan jagung untuk membuang sisa air dari proses rebusan. Kemudian setelah itu kupas daun yang membalut jagung dan pastikan jagung bersih dari rambu-rambut jagung.

Serut Jagung Dalam Keadaan Panas

Dalam keadaan jagung masih panas, lakukan proses penyerutan agar dapat lebih mudah. Ada beberapa proses penyerutan yang dapat dilakukan;

Corn Stipper

Alat yang satu ini merupakan teknologi terbaru dalam dunia memasak. Serta hanya memerlukan waktu yang singkat. Cukup sekali proses penyerutan semua biji jagung akan terserut dengan sempurna. Namun jika tidak memiliki alat ini, masih banyak cara dapat dilakukan untuk menyerut jagung.

Dengan Tangan

Proses penyerutan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan tangan. Setelah mencuci tangan kemudian kosongkan satu baris jagung dari atas sampai dengan bawah. Mengosongkan satu baris jagung dapat menggunakan pisau terlebih dahulu.

Kemudian ibu jari diletakkan di sebelah sisi baris jagung yang kosong. Ibu jari arahkan ke sisi jagung yang telah kosong. Lakukan demikian sampai jagung telah terserut sempurna dan habis.

Menyerut Dengan Pisau

Proses menyerut dengan pisau adalah proses yang mudah. Namun perlu diperhatikan bahwa cara ini harus membutuhkan ke hati-hatian karena sisi pisau yang tajam dapat melukai tangan. Untuk menyerut dengan pisau maka posisikan jagung dengan tegak dengan bagian pangkal di bawah untuk keseimbangan.

Dapat dialasi dengan talenan atau dilakukan di dalam wadah yang lebar. Arahkan pisau dari ujung atau bagian atas menuju ke bawah. Lakukan sampai dengan semua biji jagung terserut.

Menggunakan Alat Serut

Ada pula alat serut yang menyerupai dengan alat pengupas kentang. Cara inipun sangat mudah dilakukan dan dapat mengurangi resiko terluka karena pisau. Cukup mengarahkan alat serut dari pangkal jagung menuju ke ujung. Dan posisi jagung dipegang menggunakan tangan sebelah kiri.

Berikan Topingg Sesuai Selera

Setelah jagung terserut maka masukkan ke dalam wadah penyajian. Dan proses terakhir dari cara membuat jagung serut adalah dengan memasukkan topping sesuai selera. Yaitu dengan kombinasi susu kental manis, serta meses dan chocochip.

Yang pertama adalah menuangkan susu kental manis secukupnya, kemudian di susul dengan menungakan sirup. Untuk langkah terakhir mempercantik tampilan jagung serut tambahkan meses dan chocochip.

Itulah cara membuat jagung serut yang manis dan enak. Sangat mudah untuk menyajikan hidangan yang sehat dan penuh gizi. Selain menyehatkan jagung serut pun mudah dan murah dibuat.


9:31:00 AM