Cara Membuat Jamur Crispy dan Tipsnya Agar Tambah Kriuk




caramembuatjamurcrispy

Cara Membuat Jamur Crispy - Di musim hujan enaknya pasti ngemil sambil nonton tv atau istirahat. Salah satu camilan yang menjadi favorit dan juga sering digunakan sebagai lauk pauk yaitu jamur crispy. Cara membuat jamur crispy yang bisa dibilang mudah membuat siapa saja bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Namun untuk mendapatkan tekstur jamur yang crispy itu tak bisa sembarangan saat membuatnya. Berikut cara membuat jamur crispy yang dijamin renyah dan gurih beserta tips agar jamur crispy kriuk.

Cara Membuat Jamur Crispy

Bagi yang pernah mencoba membuat sendiri jamur crispy di rumah, mungkin tak sedikit yang mengalami kegagalan dan tidak memuaskan. Bahkan penggunaan tepung goreng crispy instan pun tidak bisa membantu menghasilkan gorengan jamur yang sesuai harapan. Untuk itu ikuti cara di bawah ini, yang mudah tentunya :

1. Suir jamur

Jamur tiram yang kuntumnya lebar sebaiknya menjadi seukuran satu suapan. Hal ini tujuannya untuk memudahkan ketika dimakan.

2. Haluskan Bumbu

Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu sebagai bahan pencelup. Tambahkan bahan lainnya 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.

3. Buat Adonan Basah

Untuk membuatnya yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup tadi. Aduk hingga rata supaya tidak ada tepung yang menggumpal.

4. Celupkan Jamur Pada Bumbu

Setelah membuat adonan basah, selanjutnya celupkan jamur tiram ke adonan tersebut satu per satu. Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, guling-gulingkan jamur tiram di tepung pelapis. Pastikan seluruh bagian jamur sudah terselimuti. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaan jamur.

5. Goreng Jamur

Jamur tiram yang sudah diberi tepung selanjutnya goreng di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Saat digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas. Angkat jamur tiram dari penggorengan jika warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.

5. Tiriskan minyak

Angkat jamur yang sudah matang dari gorengan dan letakkan  di atas kertas penyerap minyak atau tissu. Setelah itu sajikan dengan sambal sebagai cocolan.

6. Tambahkan Aneka Rasa

Jika ingin jamur crispy yang dibuat mempunyai beraneka rasa juga bisa menggunakan perasa yang alami. Untuk membuat jamur dengan rasa daun jeruk bisa menambahkan irisan halus daun jeruk purut kemudian dicampurkan dengan adonan tepung pencelup.

Rasa bawang yaitu dengan iris halus daun bawang lalu dicampur dengan tepung pencelup. Jika ingin rasa paprika cukup dengan menambahkan paprika bubuk dicampur tepung pelapis. Sedangkan untuk sensasi pedas bisa menambah merica hitam dicampur tepung pelapisnya.

Tips Agar Jamur Crispy Kriuk

Membuat tekstur jamur yang krispi itu tak bisa sembarangan ketika membuatnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut ulasannya :
  • Pilih jamur yang segar. Untuk membuat jamur krispi yang enak, maka membutuhkan jamur tiram yang masih segar. Cirinya yaitu bentuk jamur utuh dan tidak lembap/berlendir.
  • Perhatikan cara mencuci jamur. Ternyata, cara mencuci jamur juga akan sangat berpengaruh pada teksturnya saat digoreng. Cuci jamur hingga bersih, tapi jika jamur kotor dan berbau, bisa merendamnya di air garam selama kurang lebih sepuluh menit. Sebelum diolah, tiriskan dulu airnya dengan mengibas-ngibas jamur dengan kuat. Hindari memeras jamur dengan tangan, karena akan membuat jamur layu dan kehilangan teksturnya.
  • Perhatikan pemilihan tepung. Gunakan tepung terigu yang masih baru, lalu tambahkan dua sendok makan tepung beras atau tepung maizena dan juga baking soda. Hindari menambahkan terlalu banyak baking soda karena ini akan membuat jamur crispy terasa getir saat dimakan.
  • Lapisi dengan tepung beberapa kali. Sebelum dibalur tepung, harus mencelupkan jamur terlebih dahulu pada campuran adonan basah yang sudah dibuat dengan bahan diatas. Setelah itu, barulah bisa mulai menggulingkannya ke dalam adonan tepung yang kering. Pastikan seluruh permukaan jamur tertutup sempurna oleh tepung hingga tebal.
  • Goreng dalam minyak yang panas. Setelah semua jamur diberi tepung bumbu, segera goreng dalam minyak panas yang penuh. Selama proses penggorengan, hindari mengaduk-aduk jamur karena malah akan menyerap minyak. Goreng jamur sampai berwarna kuning kecokelatan di kedua sisinya, lalu angkat dan tiriskan minyaknya.
Itulah cara membuat jamur crispy yang bisa dicoba di rumah beserta tips agar kriuk. Silahkan mencoba resep ini dan buat olahan jamur lain yang enak dan juga tidak membosankan. Buatlah kreasi gorengan crispy menggunakan bahan lainnya.


9:11:00 AM