Cara Membuat Kentang Goreng Saus Keju Rumahan Yang Enak




cara membuat kentang goreng

Cara Membuat Kentang Goreng Saus Keju - Kentang goreng, siapa yang tidak kenal dengan camilan satu ini? Makanan ringan yang disukai oleh semua orang dari berbagai umur. Kentang juga merupakan sebuah makan sehat sebagai sumber karbohidrat. Ternyata cara membuat kentang goreng saus keju pun tidak sulit.

Camilan yang memiliki banyak penggemar ini ternyata tidak hanya bisa di dapatkan di restaurant. Sekarang semua orang bisa menyajikan kentang goreng saus keju dirumah. Berikut ini adalah tahapannya;

Cara Pembuatan Kentang Goreng

Pembuatan kentang goreng tidak menyita banyak waktu, serta langkah pembuatan yang sangat mudah dilakukan. Alat-alat yang digunakan pun tak kalah sederhana,yaitu hanya pisau untuk memotong kentang, panci dan juga wajan penggorengan. Cara memuat kentang goreng renyah dan gurih adalah sebagai berikut;

Memilih Kentang Berkualitas

Di pasaran terdapat banyak jenis kentang yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Namun untuk membuat kentang goreng yang renyah dan garing kentang haruslah memiliki kadar air yang rendah. Kentang tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan kentang dengan jenis Pes.

Kemudian pilih kentang pes yang memiliki ukuran besar yang cukup serta permukaan yang rata. Dibutuhkan dua buah kentang untuk satu sajian kentang goreng lezat. Kentang-kentang yang utuh serta tidak memiliki tunas. Permukaan kulit kentang juga tidak mengeriput yang menandakan bahwa kentang sudah tersimpan lama.

Membentuk Stick Kentang

Pembentukan stick dengan memotong kentang akan menentukan keindahan hasil dari kentang goreng. Oleh karena itu ketepatan memilih ukuran kentang menjadi sangat menentukan kecantikan hasil kentang goreng. Setelah semua kulit kentang terkupas, maka segera potong kentang dengan tebal 0,5-1 cm. Cara membuat kentang goreng pada langkah ini potong semua kentang dengan ukuran yang sama sampai dengan kentang semua teriris. Lalu rendam kentang dalam agar warna kentang tetap terjaga.

Merebus Kentang

Merebus kentang dilakukan dalam sebuah panci yang berisi dua gelas air. Dapat pula menambahkan pewarna makanan kuning dari bubuk kunyit untuk lebih memperindah waRna kentang. Ini dilakukan bila menginginkan warna yang lebih terlihat mencolok. Namun langkah ini pun tidak harus dilakukan.

Proses perebusan dilakukan dalam waktu 3-4 menit saja. Angkat dan tiriskan untuk membuang sisa air rebusan pada kentang. Lakukan selama 5 menit atau sampai dengan uap hilang.

Rendam Dalam Air Es

Dua gelas air es yang sudah disiapkan akan digunakan dalam cara membuat kentang goreng tahap ini. kentang yang sudah di rebus dan ditiriskan di masukkan dalam air es. Kemudian ditiriskan untuk kemudian masuk ke tahapan membumbui.

Membumbui Kentang

Proses membumbui ketang dengan menggulingkan kentang dengan tepung terigu dan garam sampai semua kentang terbungkus tepung. Pada proses pembubuan ini dapat ditambahkan bubuk cabai bila menginginkan kentang goreng pedas. Ataupun dengan menambah kaldu bubuk untuk cita rasa gurih yang kuat.

Pada tahapan ini kentang yang telah ditiriskan dari air es masukkan sedikit demi sedikit ke dalam tepung yang sudah dibumbui. Dan langsung digoreng, ulangi langkah cara membuat kentang goreng ini sampai semua potongan kentang tergoreng keseluruhan.

Menggoreng Kentang

Untuk mendapatkan kentang goreng dengan warna keemasan yang sempurna tidak terlepas dari teknik penggorengan yang benar. Cara membuat kentang goreng yang berikutnya adalah menggoreng kentang dalam suhu yang panas. Dan proses penggorengan hanya memerlukan waktu yang singkat.

Minyak yang dalam juga dibutuhkan agar kentang matang sampai dengan bagian dalam. Ini akan membuat kentang goreng buatan rumah awet renyahnya seperti kentang goreng yang dijual di restoran mahal.

Membuat Saus Keju

Banyak variian jenis kentang goreng yang ada saat ini. Termasuk kentang goreng kekinian saus keju. Pada dasarnya pembuatan kentang goreng tidak ada beda untuk segala varian kentang goreng. Untuk membuat kentang goreng saus keju hanya perlu menambahkan saus keju sebagai bahan cocol kentang.

Bahan saus keju yang diperlukan pun tidak sulit untuk ditemukan. Yaitu fibercream, keju bubuk dan keju cheedar. Langkah awal yaitu dengan mengencerkan fibercream dengan air sebanyak 125cc, kemudian masukkan keju bubuk sebanyak 1 sendok saja.

Untuk menciptakan rasa yang beda dapat ditambah merica bubuk sedikit. Kemudian parut cheedar diatas saus keju. Dan saus keju pun siap dihidangkan bersama dengan kentang goreng renyah buatan rumah.

Membuat kentang goreng saus keju menjadi mudah dan menyenangkan. Sajian yang sangat cocok untuk teman berbincang santai dengan keluarga. atau sangat tepat disajikan dalam suasana musim hujan seperti sekarang.


8:51:00 AM