Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Renyah Rumahan




cara membuat keripik tempe

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Renyah - di tengah-tengah begitu banyak ragam jenis camilan yang ada, menjadi sangat bijak bila mampu memilih camilan yang sehat. Camilan yang berasal dari kacang-kacangan bagus untuk sumber protein nabati dan juga menunjang kesehatan jantung. Salah satunya adalah camilan keripik tempe sagu. Cara membuat keripik tempe sagu juga sangat higienis, apalagi jika dibuat sendiri dirumah.

Untuk membuat keripik tempe sendiri tidaklah memerlukan tahapan yang sulit. Namun harus sabar, hal ini dikarenakan bahwa pembuatan keripik tempe tepung sagu memerlukan proses peragian. namun hasil yang dihasilkan tentu tidak akan mengecewakan. Berikut ini tahapan pembuatan keripik tempe tepung sagu :

Persiapkan Alat Dan Bahan

Cara membuat keripik tempe tepung sagu yang pertama adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah;
  • Bahan Membuat Tempe Sagu : 1 kg kedelai, 1 kg tepung sagu, 1 sdt ragi tempe
  • Persiapan Bumbu Untuk Tepung : daun jeruk 2, kencur 2 ruas, kemiri 5, tepung beras ¼ kg, bumbu kaldu 2 bungkus, ketumbar bubuk 2 bungkus.
Pemilihan kedelai yang bermutu tinggi akan sangat menentukan kelezatan keripik. Jenis kedelai yang sangat bagus digunakan adalah kedelai Amerika. Atau setelah dikembangkan di Indonesia dinamai dengan kedelai Edamame. Ciri kedelai ini adalah:

Berwarna kuning kecoklatan, berbentuk bulat dan teksturnya yang kering. Kemudian untuk usia kedelai sendiri pilihlah kedelai yang tua. Sebab kedelai yang tua tidak akan menyisakan rasa pahit setelah pengolahan. Lain hanya dengan kedelai muda yang akan terasa pahit setelah diolah.

Kemudian yang berikutnya adalah kedelai yang berat, kedelai yang berat menandakan kedelai tersebut cukup umur dan berkualitas. Hal ini ditandai dengan terapungnya kedelai saat perendaman. Kedelai yang melayang ketika perendaman harus dibuang. Hal ini dikarenakan kedelai tersebut biasanya adalah kedelai yang dipanen terlalu dini.

Pembuatan Tempe Sagu

Hal awal dari pembuatan tempe sagu yaitu dengan mencuci kedelai sampai benar-benar bersih. Setelah itu rebus dalam air mendidik kurang lebih 45 menit. Kemudian ganti air rebusan kedelai dengan air bersih untuk merendam kedelai sebelum dijadikan tempe sagu. Rendam selama 12 jam, kemudian bilas dibawah air mengalir.

Proses pembilasan dilakukan dengan meremas-remas kedelai agar kulit kedelai menjadi terlepas. Setelah itu kukus 15 menit. Kemudian dinginkan dan taburi dengan ragi tempe dan tepung sagu sampai dengan merata.

Masukkan dalam plastik sambil dilakukan penekanan agar kedelai menjadi padat lakukan sampai dengan bahan habis. Setelah itu lubangi plastik menggunakan tusuk gigi agar ada saluran udara di dalam plastik. Tutup dengan kain untuk proses fermentasi selama 24 jam.

Membuat Bumbu Tepung Keripik

Cara membuat keripik tempe tepung sagu belumlah lengkap jika tempe belum digoreng. Sebelum melakukan proses penggorengan maka siapkan terlebih dahulu bumbu untuk memberikan cita rasa yang enak.

Bumbu-bumbu diatas diulek sampai dengan benar-benar halus. Dapat dilakukan dengan mesin ataupun dengan ulekan manual. Kemudian campurkan dengan tepung beras dan air. Buat adonan yang tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu encer.

Iris Tipis Tempe Sagu

Setelah 24 jam proses peragian maka tempe sagu sudah siap untuk di proses. Cara membuat keripik tempe tepung sagu selanjutnya adalah memotong tempe dengan sangat tipis. Hasil potongan tempe akan menentukan kerenyahan tempe keripik setelah digoreng.Bila potongan terlalu tebal maka tempe keripik tidak akan renyah walaupun telah digoreng lama. Saat proses pengirisan pun perlu sangat hati-hati karena ketipisan potongan tempe diharuskan pisau yang digunakan harus benar-benar tajam.

Menggoreng Keripik

Setelah tahapan ini maka cara membuat keripik tempe sudah memasuki tahap akhir. Tidaklah sulit untuk membuat makanan yang sangat menyehatkan dan mudah dicerna. Menurut sejarah tempe sendiri adalah makanan yang berasal dari Jawa. Ini bahkan dibuktikan melalui sejarah oleh serat Chentini setting Jawa abad ke 16.

Setelah semua bagian tempe sudah diiris dan bumbu celup pun sudah siap kemudian masukkan tempe ke dalam adonan. Goreng tempe satu-persatu dalam minyak panas sampai menguning. Keripik tempe sudah siap untuk dihidangkan.

Camilan yang enak ini sudah siap untuk mengisi toples ruang tamu. Rasanya yang renyah dan gurih akan selalu membuat ketagihan. Membuat keripik tempe sagu mudah dan murah.


7:59:00 AM