Cara Membuat Kue Bolu Mentega Anti Gagal




cara membuat kue bolu

Cara Membuat Kue Bolu Mentega - Hidangan kue bolu selalu cocok untuk dapat dihidangkan di segala acara. Baik untuk kudapan saat acara formal ataupun sebagai teman ngumpul di acara santai. Pembuatan kue bolu pun tak sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Diantaranya adalah cara membuat kue bolu mentega, rasanya yang enak, gurih dan empuk.

Bahan yang sederhana seperti terigu, telur, mentega, gula halus, emulsifier dan vanili adalah bahan yang mudah dijumpai.  Sedangkan peralatan yang diperlukan adalah, mixer, loyang, dan juga oven. Untuk pemanggangan sebenarnya bolu bisa dibuat dengan cara dikukus. Namun sulit untuk menentukan suhu jika menggunakan cara ini. Rincian tahapan cara membuat kue bolu mentega sebagai berikut;

Menakar Semua Bahan Sesuai Resep

Untuk pembuatan sekitar 15 potong besar kue bolu mentega diperlukan takaran yang pas untuk bahan-bahannya, yaitu: 100 gram tepung terigu, 5 telur, 50 gr mentega yang telah dicairkan, 100 gr gula halus. Kemudian untuk bahan tambahannya adalah 1 sdm emulfisier dan 1 sdt vanili.

Memastikan semua bahan berada pada takaran yang pas akan sangat berpengaruh pada hasil jadi bolu. Hal ini berhubungan dengan konsistensi dan rasa yang diciptakan. Untuk takaran gula bersifat fleksibel dan dapat diganti dengan takaran sendiri.

Jumlah gula halus yang dibutuhkan disesuaikan dengan tingkat rasa manis yang diinginkan. Takaran bisa ditambah untuk rasa manis yang lebih kuat. Atau pun dapat dikurangi untuk kadar manis yang rendah.

Menyiapkan Loyang Dan Oven

Tahapan ke dua dari cara membuat kue bolu mentega adalah menyiapkan loyang dengan mengoles margarin. Dan ditaburi dengan tepung terigu sampai seluruh permukaan tertutup. Ini dimaksudkan untuk mencegah kue bolu menjadi lengket saat nanti akan dilepas dari loyang.

Jika kue bolu lengket maka bentuk yang dihasilkan menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu harus dipastikan semua bagian permukaan dalam loyang teroles dengan margarin dan terkena terigu. Sehingga saat kue bolu mentega jadi dan akan disajikan akan mudah terlepas dari loyang serta bentuk sempurna tidak ada cacat.

Oven dapat dipanaskan terlebih dahulu saat menyiapkan adonan, agar oven sudah siap pakai saat adonan sudah jadi. Suhu yang dibutuhkan adalah suhu oven 180° c nyalakan oven dan setelah itu dapat ditinggal untuk proses persiapan adonan.

Membuat Adonan Yang Sesuai Takaran

Pembuatan kue bolu mentega dibuat dengan dua kali pencampuran adonan. Pembuatan adonan tidak boleh dilakukan secara sekaligus karena akan beresiko bahan-bahan tidak tercampur dengan sempurna. Adonan yang bagus akan menentukan kualitas kue bolu yang dihasilkan.

Ada beberapa rahasia untuk mendapatkan adonan sempurna, yaitu : menggunakan takaran resep yang pas, serta  mencampur semua bahan secara bertahap. Mencampur semua bahan sekaligus aka membuat putih telur tidak akan bisa mengembang secara sempurna. Hal ini terutama disebabkan oleh memasukkan gula sekaligus dengan telur. Tahapan pencampuran yang benar adalah;
  • Tahap Ke 1 : masukkan telur, mentega cair, emulsifer dan vanili sampai adonan tercampur merata.
  • Tahap Ke 2: masukkan terigu dan gula kemudian campur kembali hingga membentuk adonan yang lembut, dan tidak ada gumpalan yang tercipta.

Memanggang Dengan Waktu Dan Suhu Yang Pas

Kue bolu sendiri sebenarnya bukan makanan asli Indonesia. awalnya dibawa oleh belanda pada saat penjajahan. Namun konon katanya kue enak ini berasal dari daerah Mesir. Dan pada awal mula pembuatannya dengan cara dibakar di atas batu.

Seiring dengan berkembangnya jaman telah berkembang alat-alat memasak yang canggih. Salah satunya dengan kemunculan oven. Oleh karena itu pembuatan kue bolu pun mengalami pergeseran. Yang tadinya dibakar menjadi dipanggang di dalam oven.

Cara membuat kue bolu mentega saat ini memerlukan waktu panggang  singkat yaitu 30 menit dengan suhu 180° c. Dengan menggunakan suhu yang pas sehingga kematangan kue akan menyeluruh. Perlu diperhatikan pula untuk tidak terlalu sering membuka oven sebelum waktu panggang selesai. Hal ini akan menyebabkan kue kurang mengembang.

Setelah dikeluarkan dari oven, balik kue dari loyang ke piring saji dan sekarang kue siap untuk dihidangkan. Cara pembuatan kue bolu mentega begitu mudah dilakukan bukan? Kue bolu yang empuk dan lezat sangat nikmat dihidangkan saat masih panas bersama secangkir kopi atau teh. Dengan resep ini maka membuat kue bolu tidak takut gagal lagi.


3:10:00 AM