Cara Membuat Lumpia Berkulit Kering dan Basah Beserta Tips Agar Lumpia Tidak Sobek




cara membuat lumpia

Cara Membuat Lumpia Berkulit Kering - Banyaknya beredar makanan dari bahan berbahaya. Tentunya hal itu membuat masyarakat resah apa lagi yang sudah memiliki anak. Untuk itu ada baiknya mencoba membuat makanan ringan sendiri untuk cemilan. Salah satunya adalah lumpia yang banyak diminati. Cara membuat lumpia tidaklah sulit, hanya perlu menyiapkan beberapa bahan.

Bahan Membuat Lumpia

Lumpia memiliki dua jenis, yaitu lumpia yang berkulit kering dan berkulit basah. Untuk membuat lumpia berkulit kering, pertama siapkan 100 gram tepung terigu berkualitas, 2 butir telur ayam ambil putihnya saja. Jangan lupa 1 sendok margarin atau minyak makan. Siapkan garam dan air matang secukupnya.

Sedangkan membuat lumpia berkulit basah bahan yang disiapkan seperti 150 gram tepung dengan kualitas baik, 2 butir putih telur. Jangan lupa 1 sendok mentega atau minyak goreng serta garam secukupnya. Terakhir, 300 ml air matang atau bisa digantikan dengan santan encer jika ingin kulit lumpia lebih renyah dan gurih.

Cara Membuat Lumpia

Setelah semua bahan siap barulah mempraktekkan cara membuat lumpia, baik kering ataupun basah. Semua tahapan harus dilakukan dengan benar dan tidak dilewatkan satu bagian pun. Sehingga hasil yang diperoleh akan sesuai dan lumpia akan enak saat dimakan. Berikut cara membuat lumpia baik berkulit kering ataupun basah:

A. Membuat Lumpia Berkulit Kering

Cara membuat lumpia berkulit kering harus dipersiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Setelah semua bahan siap barulah mempraktekannya. berikut cara membuat lumpia berkulit kering:

1. Tahap Awalan (Pencampuran Adonan)

Cara membuat lumpia yang pertama, ambillah wadah untuk adonan utama. Lalu masukan 100 gram tepung terigu, kemudian tambahkan setengah sendok garam. Aduk rata adonan. Lalu berikutnya masukan putih telur dan aduk kembali semua bahan hingga merata. Jangan lupa masukan air bersih ke dalam adonan utama. Sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis.

2. Tahap Pertengahan (Adonan Hampir Jadi)

Selanjutnya setelah semua adonan sudah tercampur dan jika adonan dirasa kekenyalannya cukup diamkanlah adonan selama kurang lebih 45 menit. Di tahap ini adonan akan diberikan jeda untuk meresap sempurna. Sehingga selain krispi lumpia kering akan terasa jauh lebih enak.

3. Tahap Akhir (Penggorengan adonan)

Tahap akhir dalam cara membuat lumpia kering adalah dengan memanaskan teflon atau wajan dengan api kecil. Oleskan dengan mentega atau diberi minyak satu sendok makan. Semua itu agar adonan tidak lengket. Selanjutnya, tuang adonan secukupnya ke wajan. Pastikan kulitnya tipis agar hasilnya bisa renyah. Jangan lupa kulit lumpia dibalik, agar tidak gosong serta matang merata.

B. Membuat Lumpia Berkulit Basah

Setelah memahami cara membuat lumpia berkulit kering, berikutnya adalah langkah untuk membuat lumpia yang berkulit basah. Tentunya semua rasanya enak, hanya tergantung ke selera masing-masing. Berikut cara membuat lumpia berkulit basah:

1. Tahap Awalan (Adonan Utama)

Sama dengan cara membuat lumpia berkulit kering, siapkanlah satu wadah untuk adonan utamanya. Lalu masukan 150 gram tepung serta garam secukupnya. Lalu ambil kembali wadah yang berbeda. Kemudian masukan putih telur dan kocok sebentar saja.

2. Tahap Pertengahan (Adonan Kedua)

Berikutnya, tuang setengah bagian adonan putih telur. Campurkan dengan adonan utama sambil diaduk merata.Lalu, masukan sedikit demi sedikit santan encer atau air matang. Jangan lupa sembari diaduk, agar bahan merata.

3. Tahap Akhir (Penggorengan adonan)

Cara membuat lumpia berkulit basah yang terakhir adalah tahap penggorengan adonan. Diawali dengan menuangkan adonan lumpia ke wajan. Lalu goreng sebentar, angkat setelah setengah matang. Yang terakhir dinginkan kulit lumpia sebelum digunakan. Untuk isian lumpia, dapat menggunakan sosis, ayam, bihun, rebung, sayuran atau dapat disesuaikan selera.

Tips Membuat Adonan Lumpia Agar Tidak Sobek

Setelah mengetahui cara membuat lumpia dan tergolong tidaklah sulit. Pasti banyak yang akan mempraktekannya. Namun haruslah paham beberapa tips sehingga adonan tidak sobek. Berikut tips membuat adonan lumpia agar tidak sobek:
  • Aduk rata adonan. Karena semua orang menginginkan lumpia yang tidak hanya enak dan bertekstur krispi tapi juga rapi tanpa cacat (sobek), yang paling penting adalah saat pengadukan adonan jangan ada gumpalan di dalamnya.
  • Masak dengan api kecil. Lumpia memiliki kulit yang tipis, sehingga akan cepat matang. Jika menggunakan api besar, dapat dipastikan kulit akan gosong. Dengan menggunakan api kecil, lumpia akan matang merata.
  • Gunakan wajan datar dan anti lengket. Cara membuat lumpia yang benar adalah dengan menggunakan wajan yang permukaannya datar serta berbahan anti lengket. Jangan lupa oleskan wajan dengan minyak dan mentega.
  • Kulit lumpia ketebalannya harus pas. Tips terakhir adalah dengan membuat lumpia dengan ketebalan pas. Jika terlalu tipis, tentunya kulit lumpia akan cepat sobek. Namun jika terlalu tebal juga, rasa nikmat akan berkurang karena tumpukan kulit mengalahkan isi. Setelah memahami tips dapat dipastikan cara membuat lumpia tidak akan salah.
Itulah cara membuat lumpia berkulit kering ataupun basah dan tips membuat adonan lumpia agar tidak sobek. Pastikan semua bahan higienis serta jauhkan dari jangkauan anak-anak, karena pembuatan menggunakan api.


1:08:00 AM