Cara Membuat Mie Ayam dan Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan




cara membuat mie ayam

Cara Membuat Mie Ayam - Banyak berita beredar tentang kandungan berbahaya pada mie ayam. Tentunya hal tersebut membuat resah dan khawatir. Namun jangan dijadikan patokan untuk tidak memakan mie ayam sama sekali, karena masih ada cara lain, yaitu dengan membuatnya sendiri. Sebelum mengetahui cara membuat mie ayam, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti cara membuat mie basah dan minyak ayam.

Cara Membuat Mie Basah Untuk Mie Ayam

Jika merasa khawatir dengan kandungan dalam mie basah yang sudah jadi di pasaran. Mie basah juga dapat dibuat sendiri dirumah. Dengan bahan tepung terigu protein tinggi 400 gram, air 160 ml serta garam secukupnya. Sedangkan alat yang harus disiapkan berupa mesin cetak mie (Pasta Maker Manual) mangkuk dan juga kompor. Berikut cara membuat mie basah:
  • Pertama tepung terigu dimasukkan ke mangkuk besar sambil dituangkan air sedikit demi sedikit. Jangan membuat adonan menjadi kalis, buatlah adonan menjadi kering sehingga bisa dipadatkan dan jika dipotong tidak akan hancur.
  • Lalu adonan yang sudah padat dipotong menjadi 4 bagian lalu setiap bagian dipotong menjadi 2 bagian lagi, sehingga totalnya ada 8 bagian.
  • Ambil 1 bagian adonan lalu digepengkan pada mesin pasta maker manualnya. Ulangi beberapa kali sehingga menjadi tipis dan halus.
  • Setelah itu adonan dipotong dengan menggunakan alat yang sama. Setelah selesai taburi mie dengan tapioka sehingga tidak menempel.

Cara Membuat Minyak Ayam

Selain mie, hal utama yang harus siapkan adalah minyak ayam yang merupakan inti dari sebuah mie ayam. Bahan yang harus disiapkan seperti kulit dan lemak ayam 100 gram, bawang putih 4 siung, kunyit 2 ruas, dimemarkan. Lalu minyak goreng 3 sendok makan. Dan terakhir air dan kecap asin. Berikut cara membuat minyak ayam:
  • Pertama dengan memanaskan minyak goreng. Lalu masukan kulit dan lemak ayam, bawang putih serta kunyit. Digoreng dengan api kecil sampai kulit ayam mengering dan mengeluarkan minyak.
  • Barulah masukan air dan kecap asin. Biarkan sampai mendidih dan angkat.
  • Setelah mie basah dan minyak ayam siap, barulah ke tahap akhir yaitu cara membuat mie ayam rumahan.

Bahan  Membuat Mie Ayam Rumahan

Dengan mengetahui cara membuat mie ayam rumahan setidaknya bahan yang terkandung dapat diketahui dengan baik. Orang rumah juga dapat memakannya tanpa takut bahaya. Sebelum mengetahui cara membuat mie ayam rumahan, harus menyiapkan beberapa bahan yang wajib ada. Berikut bahan-bahan membuat mie ayam rumahan:
  • Air rebusan daging ayam 2 L
  • Daging ayam 300 g dan Tulang ayam secukupnya
  • Minyak ayam 500 ml
  • Mie basah 500 g
  • Bawang putih dan Bawang merah  4 siung
  • Jahe dan Kunyit seruas 1 ruas
  • Kemiri 4 butir, Ketumbar 1 sdt
  • Lada bubuk dan Garam 1 sdt atau secukupnya

Cara Membuat Mie Ayam Rumahan

Setelah semua bahan telah disiapkan barulah ke tahap yang akhir yaitu cara membuat mie ayam rumahan. Tentunya jika bahan sudah sesuai dan mengikuti cara membuat yang sesuai pula hasilnya tidak akan mengecewakan. Berikut cara membuat mie ayam rumahan:

1. Membuat Kuah Kaldu

Tahap awal adalah Pembuatan kuah kaldu mie ayam. Diawali dengan cara merebus lagi air rebusan daging ayam yang telah disiapkan. Lalu tambahkan garam, lada bubuk berikut tulang ayam sesuai selera.

2. Membuat Toping Ayam

Cara membuat mie ayam berikutnya adalah dengan memotong kecil-kecil atau halus ayam yang telah direbus tadi. Lalu haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit dan kemiri. Selanjutnya tumis ayam yang telah dipotong tadi dengan bumbu yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan garam sesuai selera.

3. Membuat Mie Ayam

Jika kuah dan toping mie ayam telah selesai dibuat. Berikutnya adalah pembuatan mie ayam rumahannya. Mula-mula rebus mie basah terlebih dahulu hingga matang. Kematangan bisa disesuaikan dengan selera.

4. Tahap Penyajian Mie

Saat mie sedang direbus, siapkan mangkuk. Tuangkan sekitar 1-2 sdm minyak ayam serta merica. Setelah mie matang, masukan mie ke mangkuk. Aduk rata mie, sehingga tercampur sempurna dengan minyak ayam. Tahap akhir tinggal menambahkan toping ayam dan juga kuah kaldu ayam. Mie ayam rumahan siap disantap.

Itulah cara membuat mie ayam rumahan dan hal-hal yang harus disiapkan sebelumnya. Dengan membuat semua semuanya sendiri, selain sehat akan jauh lebih hemat serta tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan usaha.


2:33:00 AM