Cara Membuat Wordpress SEO Friendly Untuk Mendapatkan Peringkat Tertinggi




cara membuat wordpress seo friendly

Cara Membuat Wordpress SEO Friendly - Wordpress adalah salah satu platform untuk sebuah website atau blog yang bisa digunakan saat ini. Sebuah website atau blog akan mengalami peningkatan trafik apabila memiliki peringkat yang tinggi di dalam hasil pencarian mesin pencari. Untuk mendapatkan hal itu sebuah website wordpress harus SEO (Search Engine Optimization) friendly. Lalu bagaimana cara membuat wordpress SEO friendly? Beginilah caranya :

1. Publikasikan Konten Yang Unik Dan Berkualitas Secara Konsisten

Konten adalah inti dari sebuah website atau blog, secara rutin mempublikasikan konten berkualitas dan unik sesuai niche akan berdampak positif. Google akan lebih mudah mengenali blog atau website yang melakukan hal tersebut, sehingga akan mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian.

Bagi yang secara konsisten mempublikasikan konten berkualitas, unik sesuai niche maka blog atau websitenya lebih mudah terindeks Google. Dengan demikian maka akan mudah bagi pemilik blog atau website membuat blognya SEO friendly.

2. Menghubungkan Link Internal

Cara membuat wordpress SEO friendly yang populer adalah membuat internal linking pada website itu sendiri. Bisa dengan menghubungkan konten-konten yang relevan dan saling berhubungan sesuai niche di dalam website itu sendiri.

Hal tersebut bisa meningkatkan ranking pada hasil mesin pencarian, karena akan memudahkan Google mengenali semua halaman website. Link teks atau anchor text yang digunakan saat internal linking akan memberikan petunjuk bagi mesin pencari. Hal itulah yang membuat website semakin dikenali oleh mesin pencari seperti Google dan semakin mudah mendapatkan peringkat pertama.

3. Lakukan Optimasi Kata Kunci

Kata kunci adalah rangkaian kata yang digunakan pembaca untuk mencari sebuah informasi di Google. Untuk itu sangat penting melakukan optimasi kata kunci, sehingga website akan sering muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Untuk melakukan optimasi kata kunci haruslah fokus pada pembaca, lakukan riset kata kunci yang banyak digunakan pembaca. Tujuannya adalah membuat konten yang informatif untuk pembaca, sehingga dengan sendirinya trafik website akan meningkat secara organik.

4. Atur Tags Judul Dengan Benar

Cara membuat wordpress SEO friendly yang selanjutnya adalah dengan pengatur tags judul dengan benar. Judul postingan atau konten artikel haruslah mengandung kata kunci yang relevan dengan topik konten tersebut. Tags judul harus mendeskripsikan subyek atau konten sebuah blog atau website.

Setiap halaman atau postingan harus memiliki tags judul yang unik sehingga dapat terindeks secara individual. Judul tidak boleh terlalu panjang, karena tidak akan terlihat dalam hasil pencarian mesin pencari semacam Google. Sangat penting memperhatikan struktur judul postingan agar mudah dipahami oleh pembaca (human friendly).

5. Buat Meta Description Tag Dengan Baik

Meta deskripsi akan menjelaskan secara singkat apa isi dari konten yang diposting kepada pembaca. Deskripsi ini akan terlihat di bawah tag judul dan URL website pada hasil pencarian mesin pencari. Penting mengatur meta deskripsi dengan benar yaitu dengan membuatnya secara singkat namun cukup menjelaskan isi konten dan mengandung kata kunci.

Dengan demikian pembaca yang mencari informasi sesuai kata kunci yang diketik pada Google akan dengan mudah memahami konten website. Maka besar kemungkinan pembaca akan membuka website tersebut dan trafik website akan meningkat.

6. Pasang Plugin Wajib Untuk SEO Wordpress

Sebenarnya ada cara membuat wordpress SEO friendly yang mudah yaitu dengan memasang plugin wajib untuk wordpress. Yoast SEO merupakan plugin yang wajib dipasang pada website atau blog wordpress. Dengan plugin ini pemilik website bisa melakukan pengaturan meta robot pada setiap artikelnya dan membuat pemetaan otomatis.

7. Atur Struktur Permalink Wordpress

Salah satu ide cara membuat wordpress SEO friendly yang satu ini cukup mudah dilakukan, yaitu mengatur URL permalink website agar mudah dibaca. Pada pengaturan website pemilik website bisa mengubah permalink website nya melalui menu setting. Pilih struktur permalink untuk “post name” sehingga permalink akan menyerupai judul konten.

Demikianlah cara membuat wordpress SEO friendly yang efektif dan efisien untuk mendapatkan peringkat tertinggi. Jika sudah melakukan cara-cara di atas, maka pemilik website atau blog tinggal menunggu hasilnya, yaitu peningkatan trafik. Setelah trafik website meningkat maka akan banyak keuntungan yang menanti di belakangnya, sehingga penting sekali membuat wordpress SEO friendly.


1:09:00 AM