Cara Memperbaiki Aki Soak Jenis Kering Dan Basah




cara memperbaiki aki soak

Cara Memperbaiki Aki Soak - Aki merupakan nyawa bagi sebuah mobil, aki berfungsi sebagai komponen untuk mensuplay tenaga listrik saat mobil dinyalakan. Maka dari itu aki sangat penting bagi sebuah kendaraan seperti mobil. Informasi mengenai cara memperbaiki aki soak juga banyak dicari oleh pengguna internet yang memiliki mobil.

Banyak faktor yang menyebabkan aki soak, seperti pemakaian arus listrik yang berlebihan, sel-sel aki yang sudah tidak baik, air aki yang sudah tidak berkualitas, atau bahkan terjadi kebocoran pada arus listrik. Berikut cara memperbaiki aki soak pada mobil pribadi, yang bisa dipelajari untuk menangani aki mobil yang soak.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Jika aki kering soak, drop, atau mati bisa dilakukan perbaikan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Berikut beberapa cara memperbaiki aki soak untuk aki jenis kering tanpa pergi ke bengkel :

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Siapkan alat dan bahan sebelum memulai memperbaiki aki kering yang soak. Alat yang diperlukan adalah obeng minus dan obeng plus, air aki, suntikan printer atau suntikan bekas, selotip atau solasi berukuran besar, dan terakhir pisau atau gergaji besi.

2. Membersihkan Bodi Aki Dari Kotoran Debu

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, lakukan pembersihan bodi aki dari kotoran dan debu yang menempel. Untuk membersihkan bodi aki bisa menggunakan air hangat supaya lebih mudah menghilangkan debu pada bodi aki.

3. Melepaskan Aki Pada Tempatnya

Langkah selanjutnya adalah lepaskan aki dari tempatnya menggunakan obeng minus. Setelah aki sudah terlepas dari tempatnya, buka penutup aki menggunakan pisau atau gergaji. Pada bagian atas penutup aki terdapat keterangan "Do Not Open", meskipun bertuliskan keterangan tersebut, bagian atas aki harus tetap dibuka.

Selain bagian atas, bagian belakang dan samping penutup aki harus dibuka, supaya mudah ketika memasukkan air aki. Selanjutnya, lepaskan penutup wadah aki dengan obeng. Setelah penutup wadah aki terbuka, akan terlihat 6 lubang yang digunakan untuk menyimpan air aki.

4. Masukkan Air Aki

Sebelum memasukkan air aki, pastikan terlebih dahulu kondisi sel yang ada di setiap lubang. Jika kondisinya masih bagus, masukkan air aki lewat lubang tersebut. Namun, jika kondisi sebaliknya beri karet pada setiap penutup lubang.

Setiap sel mampu menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 volt. Maka 6 sel dapat menghasilkan 12 volt. Masukkan air aki sesuai kapasitas yang bisa ditampung. Disarankan untuk menyisakan sedikit ruang supaya aki tidak tumpah.

Masukkan aki secara hati-hati, lakukan perlahan jangan sampai mengenai tangan karena air aki bisa menyebabkan iritasi. Gunakan suntikan printer atau suntikan bekas supaya air aki tidak mengenai tangan.

5. Lakukan Charge Aki Untuk Mengisi Tegangan

Setelah semua lubang terisi aki, tutup lubang menggunakan solasi, atau lem perekat yang kuat. pastikan lubang tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk. Pastikan juga tidak ada kebocoran, karena nantinya akan menyebabkan konsleting.

Jika semua penutup badan aki telah tertutup dan terpasang dengan rapi dan rapat, selanjutnya charge untuk mengisi tegangan aki. Hubungkan aki kering yang sudah diperbaiki dengan aki lain yang sudah menyala untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter.

Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan dan tegangan listrik sudah terisi, maka mobil akan bisa distarter.

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak

Memperbaiki aki basah yang soak juga bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Cara memperbaiki aki soak jenis basah pun tak jauh beda dengan cara memperbaiki aki jenis kering, dan berikut cara memperbaiki aki basah yang soak menggunakan garam beryodium :

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Siapkan alat dan bahan sebelum memulai memperbaiki aki basah yang soak. Alat yang diperlukan adalah dapur garam beryodium, obeng, air zuur dengan penutup warna merah, air panas, suntikan injeksi.

2. Melepaskan Aki Dari Tempatnya

Setelah alat dan bahan telah siap, hal yang pertama dilakukan adalah melepaskan aki dari tempatnya. Setelah aki terlepas, buka setiap penutup aki basah dan buang cairan yang ada di dalamnya.

3. Membersihkan Isi Aki Menggunakan Air Panas

Lakukan pembersihan pada isi aki hingga bagian dalam aki benar-benar bersih. Goyangkan atau kocok aki maju mundur atau miringkan, supaya cairan yang masih ada di dalam aki benar-benar terbuang. Ulangi langkah ini beberapa kali menggunakan air panas, supaya bagian dalam aki menjadi benar-benar bersih.

4. Melakukan Pengisian Aki Dengan Air Dingin Dan Garam Beryodium

Setelah bagian dalam aki sudah bersih, lakukan pengisian dengan air dingin dan garam beryodium sebanyak kurang lebih 5 sendok makan jika aki berukuran besar, dan 2 sendok makan jika aki berukuran kecil.

5. Melakukan Charge Aki

Jika aki sudah terisi dengan air dingin yang bercampur garam beryodium, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan charge pada aki selama 10 - 15 menit.

6. Melakukan Pengisian Air Zuur Dan Melakukan Charge Ulang

Lakukan pengisian kembali air aki, hingga batas upper level. Setelah cairan aki terisi, lakukan charge atau setrum aki, setelah itu aki siap digunakan kembali. Ketika semua proses dilakukan hidupkan mesin dan coba gunakan kendaraan selama beberapa jam.

Nah, itu tadi ulasan cara memperbaiki aki soak jenis kering dan basah yang dapat dicoba. Lakukan perbaikan secara hati-hati jangan sampai cairan aki mengenai tangan karena dapat menyebabkan iritasi.


1:29:00 AM