Cara Memperbaiki Colokan Headset Yang Jitu




cara memperbaiki colokan headset

Cara Memperbaiki Colokan Headset - Bagi pecinta musik sudah tidak asing dengan alat satu ini yaitu headset. Ada yang sampai mengoleksi beragam jenis headset. Ada kalanya colokan headset mengalami masalah dalam pemakaiannya. Namun, ada yang berusaha belajar cara memperbaiki colokan headset sehingga tidak perlu mengoleksi banyak headset.

Colokan headset memang kadang bermasalah. Pada saat mengalami hal tersebut tentunya cukup menyebalkan, apalagi jika sedang asyik mendengarkan musik. Berikut ini tahapan cara memperbaiki colokan headset yang jitu.

1. Coba Headset

Cobalah headset yang dimiliki. Putar musik dan pasang colokan headset.  Untuk memudahkan tekuk kabel headset yang ada. Jika suara yang muncul berbeda, maka lubang suara bermasalah.

2. Ganti Headset Lain

Pinjam headset milik orang lain. Jika suara yang keluar berbeda, maka lubang suara sedang bermasalah. Biasanya, suaranya yang dikeluarkan juga tergantung dari merk headset yang dimiliki.

3. Hubungkan Dengan Multimeter

Kupas kabel perlahan dan akan terlihat kabel berwarna merah. Kemudian, hubungkan dengan multimeter berwarna hitam. Jika tidak berbunyi bip, maka lubang suara yang bermasalah. Jika berbunyi bip, maka kabel headset yang bermasalah. Berhati-hatilah saat mengupas kabel karena bisa menimbulkan peristiwa kabel headset malah terputus.

4. Masukan Colokan Headset

Pasang colokan headset pada lubang yang disediakan pada gadget atau sejenisnya. Jika tiba-tiba suara yang muncul keras, maka kabelnya yang bermasalah. Gambaran lainnya adalah ketika mengatur suara sudah pelan, namun ternyata suara yang keluar justru sebaliknya. Hal tersebut juga berkaitan dengan colokan dan kabel headset.

5. Bersihkan Lubang Suara Dan Lubang Colokan

Biasanya penyebabnya kerusakan adalah lubang suara dan colokan yang banyak debu. Oleh karena itu, langkah ini bisa dijadikan kegiatan rutin agar tidak perlu melakukan cara mengetahui penyebab lebih dari sekedar memerhatikan. Jangan sampai sekedar debu menghambat untuk perbaikan.

6. Hubungkan Dengan Isolator

Jika masalahnya berada di kabel, maka kupas kabel dan akan terlihat beberapa kawat yang muncul. Sebenarnya ada colokan yang bisa lepas langsung dari kabel sehingga tidak perlu mengupasnya. Logam yang paling panjang letakkan pada terminal utama.

7. Buat Pin Cincin

Untuk mempermudah dalam mengelupas kabel bisa memanfaatkan tang. Kedua kabel yang ada disambungkan pada pin yang berbentuk cincin. Jangan takut karena salah pasang. Hal tersebut tidak membawa kesalahan yang berakibat fatal.

8. Pisahkan Kawat

Kawat dalam kabel yang bersentuhan bisa menjadi penyebab kerusakan colokan headset. Buka colokan headset yang dimiliki dan pisahkan kawat tersebut. Dua kawat akan nampak setelah itu. Salah satu kawat bernama arde dan lainnya sebagai penghantar sinyal.

9. Satukan Solder Ke Steker

Lagi-lagi tahapan cara memperbaikinya ada pada kawat.  Buat ujung kawat menjadi kasar dengan menggunakan ampelas. Lalu, solder kawat ke steker dan lakukan pada masing-masing kawat.

10. Jepit Kawat

Cara memperbaiki colokan headset adalah dengan menjepit kabel atau kawat yang ada. Bisa menggunakan klip kecil asal ketiga kawat dalam kabel tidak bersentuhan. Fungsi menjepit disini adalah untuk mempertahankan posisi kawat.

11. Perbaiki Kabel Di Dalam Headset

Cara ini cukup memperbaiki kabel yang ada di dalam headset. Cermati kabel mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong sehingga bisa meningkatkan kualitas headset yang dimiliki.

12. Manfaatkan Aplikasi

Jika masih belum bisa terselesaikan dengan tahapan-tahapan sebelumnya,  tahapan kali ini menawarkan perbedaan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini memiliki sistem yang mampu mendeteksi adanya perangkat headset. Ada baiknya untuk melepas kartu penyimpanan eksternal lalu memasangnya kembali karena biasanya terjadi kerusakan karena proses internal di gadget yang digunakan.

13. Beli Baru

Tahapan cara memperbaiki colokan headset yang terakhir adalah dengan membeli yang baru. Tahapan ini digunakan jika tahapan sebelumnya masih belum bisa memberikan efek yang lebih baik. Usahakan membeli yang bermerek. Jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu di toko pilihan dan meminta garansi jika diperbolehkan.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki colokan headset yang bisa dicoba untuk dilakukan. Setelah menyimak beberapa cara yang berkaitan dengan cara memperbaiki colokan headset di atas, segera pelajari dengan baik. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera diperbaiki. Jangan panik dan tetap dalam keadaan santai jika masih belum segera terselesaikan.



2:24:00 AM