Cara Mempercepat Booting Windows 10 Yang Mudah Dilakukan




cara mempercepat booting windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10 - Saat ini perkembangan teknologi semakin hari semakin bertambah pesat. Begitu juga untuk sistem operasi komputer khususnya sistem operasi windows saat ini sudah merambah ke versi terbarunya yaitu Windows 10. Banyak pengguna windows 10 tapi masih mengeluhkan kurang cepatnya proses booting. Untuk itu perlu diperhatikan cara mempercepat booting Windows 10.

Jika pengguna windows 10 merasa waktu bootingnya terlalu lama, maka pengaturan kecepatan yang ada di sistem Windows bisa dirubah. Dimana pengaturan pada Windows tersebut akan mempercepat booting komputer secara signifikan. Berikut ini di jelaskan beberapa cara mempercepat booting Windows 10.

1. Dengan Cara Mengaktifkan Fast Startup Pada Windows 10

Cara mempercepat booting pada sistem operasi Windows 10 ini bisa dengan mengaktifkan pengaturan Fast Startup. Yaitu dengan mengklik pada menu Start dan cari Power Options pada kotak pencarian. Setelah ditemukan, klik pada Power Options (control panel) kemudian jendela Power Options akan terbuka.

Setelah masuk,  pada jendela Power Options, klik pada pilihan “Choose what the power button does” maka setelah itu pengguna akan dikirim ke jendela system settings. Pada menu tersebut, silahkan pilih dan klik pada “Change settings that are currently unavailable”.

Setelah menentukan pilihan itu, fitur Fast Startup dan beberapa fitur lainnya yang sebelumnya tidak tersedia akan terbuka. Langkah berikutnya adalah dengan memberikan centang pada pilihan Turn on fast startup (recommended). Setelah mensetting pengaturan tersebut jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan perubahan pengaturan yang sudah dilakukan.

2. Dengan Cara Menyembunyikan Icon Pada Desktop

Ketika masuk ke desktop, sistem operasi akan meload semua yang akan ditampilkan pada desktop termasuk juga icon. Sehingga sistem akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan loading. Untuk itu menyembunyikan icon pada desktop sangat membantu mempercepat proses booting pada Windows 10.

Untuk menyembunyikan icon desktop bisa dengan cara klik kanan pada desktop > View > kemudian hilangkan centang pada Show Icon Desktop. Pencarian aplikasi pada komputer sekarang lebih mudah menggunakan start menu. Pengguna bisa meletakkan aplikasi - aplikasi penting di Start Menu menggunakan pengaturan fitur Pin yang disediakan oleh Windows.

3. Mengatur Startup App Di Task Manager

Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup, kemungkinan besar booting pada Windows 10 akan berjalan lebih lambat. Maka lebih baik membatasi banyaknya aplikasi startup. Untuk membatasi penggunaan aplikasi startup, bisa dengan cara masuk ke Task Manager dilanjutkan dengan klik pada tab Startup.

Klik kanan pilihan aplikasi pada daftar kemudian klik Disable atau Enable sesuai apa yang dibutuhkan. Pastikan mencentang menu enable pada aplikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh komputer. Setelah startup berjalan, jangan lupa untuk mengecek impact sebelum melakukan disable atau enable.

4. Menggunakan Cara Dual Booting Only (Mengganti Boot Menu)

Cara mempercepat booting Windows 10 ini berlaku hanya untuk perangkat yang melakukan dual booting yaitu menggunakan dua sistem operasi dalam satu komputer. Dalam dual booting sebelum masuk ke sistem operasi ada waktu delay sebelum masuk ke OS waktu tersebut  dinamakan timeout value. Pengaturan default Windows 10 adalah 30 detik, untuk mempercepat proses booting bisa menggantinya dengan angka yang lebih kecil.

Untuk melakukan pengaturan ini bisa dengan , menekan tombol kombinasi Windows + R kemudian ketik msconfig kemudian klik Enter maka jendela System Configuration akan terbuka. Setelah itu Masuk ke tab Boot kemudian ganti waktu timeout-nya sesuai kebutuhan. Setelah selesai merubah pengaturan jangan lupa klik OK untuk menyimpan perubahan.

5. Menggunakan Antivirus Pada Perangkat Komputer

Menggunakan Antivirus menjadi salah satu alternatif cara mempercepat booting Windows 10. Yaitu dengan cara menginstall antivirus pada perangkat dan mengupdate antivirus serta melakukan scanning secara rutin. Menggunakan antivirus ini sebenarnya bisa dikatakan untuk mencegah lambatnya booting yang disebabkan oleh virus, malware, dan trojan.

Ulasan di atas adalah beberapa cara mempercepat booting Windows 10 yang bisa dilakukan sendiri. Dengan cara yang cukup mudah dan sederhana ini mampu meningkatkan proses booting pada Windows 10 yang terpasang pada perangkat komputer. Sehingga dengan cepatnya proses booting ini maka penggunaan perangkat akan lebih maksimal dan menyingkat waktu.


4:06:00 AM