Cara Mempercepat Koneksi Wifi Agar Tidak Lemot




cara mempercepat koneksi wifi
Cara Mempercepat Koneksi Wifi - Wifi seakan sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era modern ini. Buktinya dapat dilihat melalui kehidupan sehari-hari. Misal saat ingin pergi ke kafe, yang pertama kali ditanyakan bukan alamat atau menu makanan, melainkan ada tidaknya koneksi wifi. Sebegitu pentingnya wifi dalam kehidupan, sehingga tak jarang jika menyebabkan orang merasa kecanduan akan wifi. Namun, kadang koneksi wifi sering lambat atau lemot, sehingga mengganggu aktivitas download atau streaming. Berikut cara mempercepat koneksi wifi agar tidak lemot:

1. Posisikan Router Dengan Tepat

Router merupakan sebuah alat yang dapat mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet menuju tujuannya. Router memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Oleh karena itu, router memiliki peran besar terhadap kecepatan koneksi yang didapat. Pastikan jika router selalu berada di posisi yang tepat.

Posisi paling tepat yaitu router harus berada di bagian tengah rumah dengan kondisi ruang terbuka serta jauh dari perangkat elektronik lain. Hal ini karena semakin banyak tembok, pintu, atau penghalang lainnya, akan membuat sinyal wifi semakin sulit untuk menyebar dengan luas. Selain itu, pastikan dapat menempatkan router di tempat yang lebih tinggi. Hal ini menjadi posisi yang baik karena router cenderung menyebarkan sinyalnya ke arah bawah. Jadi jangan menaruh router di lantai, karena jangkauan internetnya akan menjadi jelek.

2. Pilih Provider Terbaik

Cara mempercepat koneksi wifi berikutnya adalah dengan memilih provider terbaik dan tepat. Memilih provider yang sesuai dan cocok dengan daerah tempat tinggal, yang memiliki kecepatan internet yang baik dan stabil. Terdapat banyak pilihan provider dengan harga yang murah, namun tidak dapat dipastikan jika provider tersebut memiliki kualitas koneksi internet yang baik. Sebaiknya memilih provider dengan harga yang lebih mahal, namun tetap memiliki kualitas koneksi internet yang lebih baik.

Selain itu, dapat memilih dan menggunakan provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya. Hal ini karena, padatnya pengguna internet pada provider tertentu juga akan menjadi penyebab lemotnya koneksi internet yang digunakan. Sehingga dengan memilih provider yang belum banyak digunakan, akan berkesempatan untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi maksimal.

3. Pakai Modem Yang Memadai

Modem atau modulator demodulator merupakan jenis alat komunikasi dua arah yang digunakan untuk mengakses internet. Alat ini akan membuat kebutuhan dalam mengakses internet akan menjadi mudah.  Modem memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda.

Gunakanlah  modem yang memiliki spesifikasi kecepatan cukup besar, agar mendapatkan koneksi yang maksimal. Modem yang memadai, biasanya yang memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps. Jika sudah mempunyai router pribadi, menyediakan modem juga sangat perlu. Jika router rusak, maka dapat menggunakan modem untuk mengakses internet, agar aktivitas tidak terganggu.

4. Mengubah Setting Bandwidth

Cara mempercepat koneksi wifi agar tidak lemot lainnya adalah dengan mengubah settingan bandwidth pada computer configuration. Bandwidth diartikan sebagai luas cakupan frekuensi sinyal untuk transmisi data. Bandwidth pada setting default computer biasanya hanya berkisar pada angka 20%.  Untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih maksimal, ubah pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar lagi. Hal ini dilakukan agar koneksi internet semakin lancar.

Cara mengubahnya adalah dengan mencari menu Run pada windows, kemudian pada bagian run ketik gpedit.msc dan klik ok. Selanjutnya klik konfigurasi computer, pilih template administrasi, klik jaringan dan pilih QoS packed scheduler. Lalu double klik limit reservable bandwidth, pilih enable kemudian ganti bandwidth limit menjadi 0 dan klik ok. Selanjutnya adalah restart computer untuk melihat hasilnya.

5. Gunakan Sofware Heatmapping

Apabila ingin mengetahui kondisi jangkauan jaringan, serta adakah jaringan lain di dekat rumah yang menghalangi sinyal wifi, dapat mendownload software heatmapping. Hal ini karena dengan mendownload software heatmapping dapat menunjukkan area sinyal nirkabel yang terbaik.

Software heatmapping akan memungkinkan untuk dapat melihat seperti apa panas nirkabel di rumah. Selain itu juga memungkinkan untuk dapat melihat dengan tepat jenis cakupan apa yang didapat ruangan. Dengan demikian, dapat memposisikan kembali router dan antena untuk meminimalisir area yang kurang baik sinyalnya.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi wifi yang dapat dilakukan agar tidak lemot. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, akan membuat jaringan koneksi wifi menjadi lebih cepat dan stabil. Sehingga tidak menghambat aktivitas dan kebutuhan internet sehari-hari.


3:23:00 AM