Cara Mempercepat Windows 10 Dengan Mudah




cara mempercepat windows 10

Cara Mempercepat Windows 10 - Lambatnya kinerja windows dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari hardware, software, register, driver dan lainnya. Hal ini akan membuat orang yang memiliki pc merasa sangat gondok karena kecepatan windows yang semakin hari semakin melambat. Namun lambatnya computer bukan hanya karena software ataupun hardwarenya, melainkan ulah dari pemilik sendiri. Seperti kemasukan malware ataupun adware yang secara umum akan sangat menurunkan performa komputer. Untuk itu, berikut cara mempercepat windows 10 dengan mudah yang dapat dilakukan agar kinerja tidak lambat:

1. Restart PC / Komputer

Cara yang paling mudah untuk mempercepat windows 10 adalah dengan me-restart pc atau komputer. Restart pc/komputer bisa digunakan saat terjadi hang ataupun lambatnya processing. Selain itu juga digunakan ketika komputer mengalami freeze (stuck) pada layar monitor. Hal ini dilakukan agar kinerja atau performa kembali lancar.

2. Menonaktifkan Program Startup

Cara mempercepat windows 10 selanjutnya adalah dengan menonaktifkan program startup yang tidak diinginkan. Biasanya terdapat beberapa program atau aplikasi yang diinstall di komputer otomatis terbuka dan berjalan di belakang layar (background). Hal ini sengaja dipasang oleh para pembuat aplikasi agar seseorang dengan mudah untuk membuka aplikasi. Namun, jika aplikasi tersebut tidak digunakan setiap hari, maka disarankan untuk mematikan aplikasi. Sehingga aplikasi tidak otomatis terbuka dan dapat memperlambat kinerja komputer.

Menonaktifkan program startup dilakukan dengan cara klik kanan pada taskbar, lalu pilih task manager. Selanjutnya pilih tab startup pada bagian task manager, kemudian pilih program aplikasi yang yang ingin dimatikan dengan memilih tombol disable. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses loading windows 10 dan program tidak berjalan saat proses startup ketika komputer pertama kali dihidupkan.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Saat pertama kali membeli pc atau labtop baru biasanya secara otomatis penjual akan memberikan aplikasi yang telah diinstall. Hal itu dilakukan meskipun pembeli tidak membutuhkan aplikasi tersebut. Sehingga aplikasi yang telah terinstall dan tidak berguna akan terasa membuat space dan resources pada komputer. Untuk itu, harus melakukan penghapusan aplikasi yang tidak berguna untuk meningkatkan performa system windows 10.

Cara menghapus aplikasi yang tidak berguna adalah dengan membuka menu setting dan ketik di search. Kemudian klik apps, pada sebelah kiri, klik apps & features. Selanjutnya hanya perlu memilih aplikasi yang akan dihapus dan tekan klik tombol uninstall. Jika akan menghapus aplikasi Microsoft store, makan pesan akan dimunculkan sehingga meminta untuk melakukan konfirmasi. Lakukan cara tersebut jika akan menghapus aplikasi yang tidak berguna lainnya.

4. Matikan Sistem Visual Efek

Cara mempercepat windows 10 adalah dengan mematikan system visual efek. Hal ini karena penggunaan banyak visual efek dapat mempengaruhi kinerja system. Untuk dapat mensetting visual efek dapat dilakukan dengan mengetikkan “system” pada kolom pencarian start menu windows 10. Selanjutnya pilih system jika sudah muncul dan pilih advanced system setting. Setelah itu pilih tab advanced dan pilih setting. Lalu pilih adjust for best performance pada tab visual effects. Setelah selesai tinggal klik ok.

5. Matikan Search Index

Terdapat fitur pencarian pada windows, atau yang sering disebut dengan search index. Fitur ini berguna untuk mengakses file, aplikasi, dan sebagainya dengan cara yang lebih cepat tanpa harus menuju sumber folder. Akan tetapi, fitur ini dapat memperlambat proses loading pc, meskipun sangat membantu spacer yang sering lupa menaruh file folder. Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan manfaat maksimal pada windows 10, harus mematikan search index sepenuhnya.

Cara mempercepat windows 10 dengan mematikan search index dapat dilakukan melalui kotak pencarian start menu. Ketik “service.msc” dan jendela service akan muncul. Kemudian cari indexing service atau windows search di daftar layanan. Selanjutnya tinggal klik dua kali, lalu klik stop dan reboot.

Dari penjelasan di atas, itulah beberapa cara mempercepat windows 10 yang dapat dilakukan dengan mudah. Cara tersebut dapat dilakukan untuk membantu mengoptimalkan proses kinerja windows 10 secara normal. Sehingga kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan dengan menggunakan labtop tidak terganggu akibat dari lambatnya proses loading laptop.


3:59:00 AM