Cara Menanam Paprika Agar Tumbuh Subur dan Hal Yang Perlu Diperhatikan




cara menanam paprika

Cara Menanam Paprika - Indonesia sangat banyak sekali lahan yang digunakan untuk bercocok tanam. Salah satunya adalah menanam paprika. Paprika memang belum begitu banyak ditanam dan sebanyak cabai yang ditanam petani kebanyakan. Nah kali ini akan membahas tentang cara menanam paprika beserta hal-hal yang perlu diperhatikan.

Langkah Cara Menanam Paprika

Jadi untuk sebuah tanaman paprika itu memiliki beberapa cara untuk bisa tumbuh subur. Cara tersebut harus diperhatikan agar paprika bisa tumbuh subur. Yuk segera cek bagaimana caranya.

1. Mempersiapkan Lahan Yang Digunakan

Cara menanam paprika yang paling utama adalah mempersiapkan lahan dan ini perlu diperhatikan. Jenis lahan atau tanah yang cocok untuk menanam paprika adalah tanah aluvial dan mediteran. Selain itu juga memiliki struktur yang gembur dan juga mudah mengikat air atau merembeskan air. Dan juga memiliki volum yang dalam (minimal satu meter).

Selain tanah juga pemberian pupuk juga harus dilakukan agar tanah bisa subur. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang atau organik. Yang masih berkaitan dengan lahan juga perlu diperhatikan pembuatan drainase atau selokan pembuangan air yang baik.

2.Pemasangan Plastik Mulsa dan Membuat Lubang Tanam

Pemasangan plastik mulsa ini perlu dilakukan layaknya menanam cabai. Cara menanam paprika ini memang sedikit membutuhkan banyak uang karena plastik mulsa sedikit mahal. Pemasangan plastik mulsa dilakukan 2/3 minggu setelah penaburan pupuk dasar. Pemasangan itu dilakukan agar media tanam tidak panas.

Setelah dipasang barulah lanjut untuk melubanginya. Lubang tanam dibuat 2 baris dalam satu bedengan. Diameter dari lubangnya 10 cm dengan jarak yang lainnya tergantung dari musimnya. Jika dilakukan di musim kemarau maka dibuat dengan jarak 60-65 cm. Dan di musin hujan dengan jarak 55-60 cm.

3. Menyemai Benih

Langkah atau cara menanam paprika berikutnya adalah menyemai benih. Pertama yang dilakukan adalah menyiapkan media semai, yaitu campuran tanah, sekam dan pupuk kandang. Selanjutnya siapkan polibag/tary untuk diisi media semai. Kemudian rendam benih menggunakan air hangat selama sekitar 2 jam dan tiriskan.

Setelah tiris langkah berikutnya yaitu masukkan benih ke polibag semai/tray. Sesudahnya sungkup dengan plastik mulsa. Dan tunggu 7-10 hari sampai benih berkecambah. Setelah berkecambah buka sungkup mulsa. Dan yang terakhir buat naungan persemaian untuk menghindari kerusakan bibit.

4. Menanam Bibit Paprika

Setelah sudah memiliki benih, maka cara menanam paprika selanjutnya adalah ditanamnya benih itu. Bibit yang dipilih adalah bibit yang sehat dan bebas penyakit. Pertama adalah membuat lubang tanam dengan cara ditugal. Selanjutnya lepaskan polibag dengan hati-hati agar tidak pecah. Setelah itu tanam bibit paprika ke dalam lubang tadi, padatkan sedikit tanah disekitar bibit.

Jika semua sudah selesai maka lakukanlah penyiraman. Jika di musim hujan maka tidak perlu dilakukan begitu sering, cukuplah dilakukan saat musim kemarau supaya benih yang akan tumbuh di lahan tidak layu.

5. Membuat Ajir

Istilah ini memang sedikit asing, tapi jika disebutkan lanjaran mungkin banyak orang tahu. Ajir tetap harus ada karena untuk menahan agar paprika bisa tunbuh lurus. Layaknya cabai agar tidak terkena angin maka dipasangkannya ajir biar kokoh. Tinggi dari ajir sekitar 1 sampai 1z5 meter. Dan dikasih jarak 10 cm dari tanaman.

Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan sebelum dilakukannya penanaman. Kalau tidak juga setelah selesai dilakukan penanaman. Hal ini agar tidak merusak tanaman saat menancapkannya di dekat tanaman. Ajir biasanya terbuat dari bambu yang dihaluskan, ada juga yang terbuat dari kayu.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penanaman Paprika

Hal yang perlu diperhatikan adalah tenperatur, temperatur yang diperlukan adalah 21-27 di waktu siang hari dan 13-16 di waktu malam hari. Selain temperatur adalah kelembaban udara, kelembaban yang diperlukan adalah 80%. Apabila terlalu rendah atau tingi akan membuat buah mudah rontok.

Selain  hal diatas, untuk cara menanam paprika agar tumbuh subur juga perlu memperhatikan cahaya matahari.paprika membutuhkan cahaya matahari yang cukup sepanjang hari agar bisa tumbuh dan berproduksi subur. Dan yang terakhir adalah curah hujan, yang dibutuhkan paprika adakah 250 mm/bulan.

Demikian pembahasan tentang cara menanam paprika agar tumbuh subur. Bagi yang belum memiliki keahlian, bisa sambil belajar dengan ahlinya supaya lebih jelas dan mantap.


7:40:00 AM