Cara Mengedit Excel di Word Beserta Cara Menyisipkan Data ke Word




cara mengedit excel diword

Cara Mengedit Excel di Word - Microsoft Office terdiri atas Word, Excel, Power Point. Sudah terbukti semua software itu sangat berguna dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Sudah banyak hal yang bisa dilakukan, seperti membuat tabel di excel dan dokumen di word, selain itu juga dapat kolaborasi antara excel dan word. Seperti salah satunya adalah cara mengedit excel di word dan cara menyisipkan tabel di Word.

Tahapan Menyisipkan Tabel Excel Di Word

Cara mengedit excel di word bukanlah hal yang mustahil karena table di excel dapat dicopy (Salin) dan dipindahkan ke Word. Berikut tahapan  menyisipkan bagan excel di word:
  • Gunakan tema tujuan dan sematkan buku kerja. Dengan menyematkan salinan buku kerja dari excel. Tabel tidak akan tetap teratur seperti buku kerja asli. Karenanya dengan menggunakan tema tujuan dan sematkan buku kerja akan memperbarui bagan secara otomatis yang akan langsung mencocokkan dengan word.
  • Pertahankan pemformatan sumber dan sematkan. Untuk mempertahankan tema yang ada di excel dan memperbarui table secara otomatis. Ubah data di buku kerja yang disematkan. Sehingga tidak akan khawatir hasil sematan berantakan dan tidak sesuai aslinya.
  • Gunakan tema tujuan dan tautan data. Selanjutnya sebelum melakukan cara mengedit excel di word adalah dengan mencocokkan tema excel dan word. Cara membuat tabel yang ditautkan ke buku kerja asli serta mampu memperbarui tabel  secara otomatis dengan mengubah data di buku kerja asli. Klik alat tabel lalu desain dan pilih refresh data.

Cara Menyisipkan Data Di Word Yang Mudah

Jika tahapan menyisipkan data excel ke word diatas terlalu sulit. Ada cara lain dan merupakan yang paling sering digunakan karena mudah. Berikut cara menyisipkan data di word yang mudah:
  • Buka data excel. Dimulai dengan membuka dokumen excel yang ingin disisipkan. Lalu klik bagan, bisa memblok semuanya table, atau mengklik ujung kiri atas akan ada sebuah tanda silang, tinggal diklik saja. Lalu seperti mengcopy berkas biasanya, ketik Ctrl + C atau klik beranda pilih salin. Sesuka hati saja.
  • Buka lembar word. Hal berikutnya yang dapat dilakukan sebelum mempraktekkan cara mengedit excel di word adalah dengan membuka lembar word yang diinginkan.  Klik bagian mana saja yang diinginkan untuk meletakkan table. Lalu tekan Ctrl + V atau klik beranda lalu pilih tempel.

Cara Mengedit Excel Di Word

Setelah memahami cara menyisipkan table dari excel ke word, barulah sekarang mempraktekkan cara mengedit excel di word. Yang tentunya caranya sangatlah mudah dan tidak rumit. Beginilah cara mengedit Excel Di Word yang bisa dijadikan referensi:

1. Pastikan Table Sudah Disematkan Di Word

Cara mengedit excel di word yang pertama adalah dengan menyematkan atau menyisipkan table dari excel ke word. Table yang telah disematkan di word pastikan sudah rapih sesuai keinginan. Maksudnya rapi sesuai keinginan adalah formatnya table bukan foto.

Karena jika table disematkan dalam bentuk foto, maka tidak akan bisa diedit lagi. Maka dari itu sangat penting memahami cara menyisipkan table excel di word. sehingga akan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

2. Mengedit Table Dengan Cara Manual

Berikutnya yang harus dipahami dalam cara mengedit excel di word tidaklah jauh berbeda dengan mengedit data di word. Hanya perlu Pilih dan klik bagian tabel yang ingin di edit. Lalu klik manual apa yang ingin diganti atau ditambahkan.

Cara mengedit excel di word haruslah dengan cara manual. Tidak dapat menggunakan rumus seperti saat di excel. Karenanya harus diperhatikan dengan teliti sehingga tidak akan ada kesalahan.

3. Mengedit Table Dengan Cara Tidak Manual

Terkadang suatu pekerjaan mengharuskan sebuah table yang biasa dibuat di excel harus ada pada word.  Seperti yang dijelaskan, di word dapat mengubah table, memperbaruinya serta mendesain ulang tanpa harus meninggalkan word. Namun harus dengan cara manual. Namun jika ingin mengedit table dengan cara tidak manual atau otomatis. Data di excel dirubah kembali melalui Microsoft Excel dan pilih refresh tabel di word. Otomatis akan terubah.

Itulah cara mengedit excel di word beserta cara menyisipkan data ke Word. Tentunya kemajuan teknologi semakin membuat setiap rana kehidupan menjadi mudah. Termasuk soal memindahkan data file serta mengeditnya. Namun itu adalah hal positif dari kemajuan teknologi, tidak apa diambil, asal hal negatif ditinggalkan jauh-jauh.


4:26:00 AM