Cara Merubah Ukuran File PDF Menggunakan Photoshop




cara merubah ukuran file pdf
Cara Merubah Ukuran File PDF - memang telah menjadi sebuah kebutuhan bagi para pekerja maupun yang belum bekerja. Bagi orang-orang yang belum bekerja dan ingin melamar pekerjaan. Biasanya file lamaran yang dikirim secara online harus berupa dokumen pdf dengan ukuran tertentu. Untuk itu cara merubah ukuran file pdf pun kini menjadi penting untuk dipelajari.

Kemudahan Mengubah Ukuran File Menggunakan Photoshop

Cara merubah ukuran file PDF saat ini dapat kita lakukan dengan mudah dan secara mandiri. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan komputer adobe photoshop. Kita dapat melakukannya sendiri secara gratis tanpa menggunakan sambungan internet alias secara offline. Kemudahan mengubah ukuran file pdf menggunakan photoshop yaitu selain dapat dilakukan secara mandiri, cara pengerjaannya pun cukup simpel dan tidak begitu sulit. Cukup dengan memilih file yang akan diganti ukurannya, kemudian jalankan tools yang ada di menu edit Photoshop.

Cara merubah ukuran file PDF menggunakan aplikasi photoshop ini dapat kita lakukan secara otodidak.  Kita juga sekaligus dapat belajar dan memahami cara kerja kerja tools photoshop. Yang mana ini mungkin akan dibutuhkan suatu saat nanti. Cara merubah ukuran file PDF menggunakan photoshop ini terbilang mudah karena dapat kita pelajari lewat media online seperti youtube.

Kelebihan Mengubah Ukuran File Menggunakan Photoshop

Kelebihan merubah ukuran file PDF menggunakan photoshop yaitu karena ini merupakan software yang dibuat khusus untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang kompleks. Seperti merubah ukuran file hingga desain grafis. Hal yang dapat dikerjakan dengan mudah  menggunakan software ini adalah merubah ukuran file pdf atau mengkompres file pdf. Karena pengoperasiannya yang mudah dan cepat.

Proses cara merubah ukuran file pdf akan berjalan dengan mudah melalui photshop. Sebab software ini adalah yang paling mudah ditemui. Dan karena pengoperasiannya yang tidak begitu sulit inilah yang menjadi alasan mengapa lebih baik menggunakan photoshop dalam merubah ukuran file pdf. Karena akan lebih mudah dan ringkas.

Langkah-langkah Cara Merubah Ukuran File Pdf Menggunakan Photoshop

Agar yang kita lakukan nantinya dapat berhasil dan tidak sia-sia. Selain dengan memperbanyak referensi kita juga perlu memperhatikan setiap langkah-langkah yang telah ditetapkan. Karena bila satu langkah saja terlewat, maka file tersebut tidak akan berubah ukurannya. Berikut langkah-langkah merubah ukuran file pdf menggunakan photoshop.

1. Membuka Lembar Kerja Photoshop

Pertama-pertama yang dilakukan adalah membuka lembaran photoshop. Yaitu dengan klik fle lalu open  atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+O. Lalu pilih lokasi penyimpanan file pdf yang ingin di rubah ukurannya.

Bila file yang ingin dirubah letaknya ada didalam media penyimpanan lain, misalnya di dalam handphone. Maka terlebih dahulu kita harus memindahkannya ke PC menggunakan kabel USB. Ini dilakukan untuk mempermudah pengerjaan kita dalam merubah ukuran file pdf menggunakan photoshop.

2. Pilihan Pada Combo Box

Setelah file pdf yang ingin dirubah ukurannya tersebut terbuka. Kemudian klik file lalu tekan Save As atau dapat juga menekan tombol Ctrl+Shift+S. Lalu combo box file pun akan muncul, yang harus kita lakukan adalah ubah format “pdf” dokumen jika file yang digunakan belum berbentuk pdf.

3. Merubah Ukuran File PDF

Setelah format file diubah ke bentuk pdf maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan file tersebut, dengan klik Save. Namun apabila jenis file yang digunakan sudah berbentuk pdf maka langsung saja lompat ke langkah nomor 3.

4. Tentukan Kualitas File PDF

Setelah file pdf kita save, maka akan muncul lagi kotak dialog. Dimana ini digunakan untuk menentukan kualitas file. Disana akan terlihat berapa besaran kapasitas file pdf yang kita gunakan. Kemudian kecilkan kualitas file tersebut dengan merubah angka nya menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

5. Menyimpan File PDF Yang Baru

Setelah semua tahapan dan langkah merubah ukuran file PDF telah terlaksana, selanjutnya kita tinggal menyimpan pada memori penyimpanan yang dituju. Setelah itu cek kembali ukurannya dengan melihat rincian dokumen. Pastikan bila ukuran file tela berhasil ubah sesuai dengan keinginan.

Kita hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk menerapkan cara merubah ukuran file PDF dengan menggunakan langkah-langkah tersebut. Cara ini dapat digunakan dan tidak ada batasan file yang bisa dikompres atau diubah ukurannya. Apakah kita ingin membuat ukuran file lebih besar agar jelas dan terang, atau sebaliknya. Semua dapat dilakukan menggunakan metode ini sesuai dengan kebutuhan.


7:13:00 AM