Cara Setting BIOS RAM Melalui Fitur-Fiturnya




cara setting bios ram

Cara Setting BIOS RAM - BIOS sering digunakan sebelum melakukan instalasi sistem operasi komputer. Fungsi dari BIOS sangat penting sekali sebagai sistem dasar dari komputer. BIOS mampu mengendalikan banyak perangkat keras dari komputer contohnya pada keyboard. Karena sangat penting, cara setting bios ram sangat perlu diketahui agar mudah mengatasi error yang terjadi pada komputer.

BIOS atau disebut dengan Basic Input Output memiliki komponen atau fitur yang dapat disetting. Ada cara setting bios ram yang mudah dilakukan. Walaupun mudah dilakukan, tahap-tahap ini harus dilakukan tanpa melebihi batas kemampuan sistem agar tidak terjadi kesalahan atau error system. Lalu, bagaimanakah cara setting bios ram pada komputer melalui fitur-fiturnya?

Meng-Setting Setiap Fiturnya

Sebelum memulai setting bios ram, fitur-fitur yang terdapat pada bios harus diketahui fungsinya masing-masing. Fitur-fitur ini merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer yang terintergrasi dengan mainboard. Beberapa fitur bios pada merek yang berbeda terdapat sedikit perbedaan pada nama dan letaknya. Namun, fungsi dari fitur tersebut hampir sama dengan lainnya.

Hard Disk

Bios juga memberikan fitur untuk setting hardisk agar dapat mengatur besar ram yang digunakan. Selain itu, disini juga akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan hardisk atau tidak secara otomatis dan manual. Disini juga dapat mengkonfigurasikan semua channel IDE seperti primary master. Pada BIOS sudah memiliki 46 konfigurasi yang tersimpan.

Floppy Disk

Floppy disk merupakan fitur yang juga terdapat dalam menu yang sama dengan CD ROM dan Hardisk. Ada beberapa jenis tipe yang diberikan untuk setting fitur ini dalam BIOS. Beberapa tipe yang disediakan antara lain 144 MB; 3,5” – 720 kb dan masih banyak lagi. floppy memiliki fungsi yang beragam dalam fitur yang berbeda.

Ada yang namanya Swap Floppy Device berfungsi untuk menukar device X dan device Y. Selain itu, juga terdapat yang namanya Floppy Disk Acess Control. Disini akan disediakan fitur untuk mengakses floppy disk.

RAM

Cara setting bios ram pastinya akan mengatur ram pada komputer. Untuk pengaturan dalam bios, tidak semua ram dapat diatur. Bagian ram yang diatur hanya bagian clock latency. Namun, ada beberapa merek bios tertentu yang dapat setting ram dengan manual. Disini hanya ram yang sering digunakan dalam overcloking yang bisa diatur secara manual.

Clock latency atau CAS latency adalah kemampuan membaca data setiap clock cycles pada ram. Nilai yang tertera secara defalut untuk ram adalah tiga.

Processor

Disini, processor dapat diatur kecepatannya berdasarkan kemampuannya. Dalam setting bios, tidak semua processor dapat diatur. Namun, ada beberapa jenis processor yang dapat diset dalam BIOS. Beberapa menu processor yang memiliki hubungan dengan CPU antara lain CPU speed, CPU Frequency, dan CPU Frequency Ratio.

CPU Speed akan mengatur kecepatan CPU yang dapat dilakukan secara otomatis maupun manual. Sedangkan dalam CPU Frequency, dapat melakukan overcloking yang dapat disetting. CPU Speed dapat diset dalam manual. Perlu kehati-hatian jika setting hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan dari processor.

LAN Dan VGA

LAN akan melakukan konfigurasi dalam BIOS. Fitur ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Selain itu, fitur ini juga dapat diatur dalam mode otomatis. Jika telah diset dalam mode auto, maka ketika komponen dipasang akan langsung diaktifkan. Untuk memasang komponen baru sebaiknya LAN dinonaktifkan terlebih dahulu agar tidak berakibat fatal.

VGA merupakan fitur yang dapat mengatur besar kecilnya dari shared memori. Nilai dari shared memori akan bergantung pada RAM yang terpasang. Disini juga terdapat fitur Primary VGA BIOS yang dapat mengurutkan sistem VGA yang ada dalam sistem.

Menyelesaikan Instalasi

Jika fitur telah diset sesuai dengan keinginan tanpa melebihi kemampuan sistem, langkah selanjutnya yaitu menyelesaikan instalasi. Perlu disiapkan terlebih dahulu komponen yang dibutuhkan dan drivernya. Jika driver sudah terpasang pada PC maka komponen sudah siap digunakan. Sebelum menggunakan komponen yang dipasang, sebaiknya lakukan restart sistem terlebih dahulu.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan saat setting bios ram. Sebenarnya sangat mudah melakukan setting bios ram. Namun, jika ingin setting bios ram yang tepat, sesuaikan dengan komponen yang ada. Jangan melebihi batas kemampuan dari komponen yang digunakan.


1:26:00 AM