Ini Cara Membuat Hiasan Tumpeng Yang Mudah dan Bisa dipraktikkan di Rumah




cara membuat hiasan tumpeng

Cara Membuat Hiasan Tumpeng - Nama nasi tumpeng sudah sangat familiar sekali di telinga masyarakat Indonesia. Nasi kuning dengan bentuk kerucut ini sering disajikan dalam acara acara seperti tasyakuran, ulang tahun atau acara acara tradisional. Nasi tumpeng selain dilengkapi dengan lauk pauk istimewa dilengkapi juga hiasan agar terlihat semakin menarik dan mengguggah selera. Menghias nasi tumpeng bisa dengan memanfaatkan berbagai sayuran yang ada di dapur. Berikut ini adalah alat serta cara membuat hiasan tumpeng dari sayuran yang bisa dipraktikkan sendiri di  rumah.

Alat-Alat Untuk Menghias Nasi Tumpeng

Sebelum mulai menghiasnya, siapkan terlebih dahulu alat-alat pembuatannya. Berbagai alat ini akan membantu untuk memotong, membentuk, serta mengukir sayuran agar menjadi bentuk yang diinginkan.
  • Cutter. Siapkan cutter yang berukuran kecil dan juga besar. Cutter ini nantinya digunakan untuk memotong dan mengiris-iris sayuran yang akan dijadikan hiasan. Pastikan cutter yang digunakan masih tajam agar bentuk irisannya tidak berantakan.
  • Pisau. Pilihlah pisau yang masih tajam dan memiliki ujung yang cukup runcing. Pisau ini digunakan untuk membuat berbagai pola pada sayuran seperti guratan kelopak bunga, pola zigzag, dan lainnya.
  • Lidi. Bahan selanjutnya yang harus ada di setiap tumpeng adalah lidi. Lidi ini diguakan sebagai penyambung sayuran dan hiasan lainnya pada sebuah tumpeng. Buatlah lidi yang runcing dalam berbagai ukuran agar memudahkan untuk menusuk hiasannya.
  • Mould. Mould merupakan pisau buah berbentuk bulan yang dapat digunakan untuk membuat hiasan-hiasan kecil berbentuk bulatan.

Cara Membuat Hiasan Tumpeng

Setelah semua alat tersebut terkumpul, bisa dimulai membuat berbagai hiasannya. Pertama siapkan terlebih dahulu sayuran penghiasnya lalu rendam di dalam air dingin. Proses perendaman ini bertujuan untuk membuat sayuran tampak lebih segar dan cantik ketika dibentuk. Setelah direndam, mari buat satu persatu hiasannya:

1.  Membuat Alas Tumpeng

Alas tumpeng bisa menggunakan tampah dan daun pisang. Untuk hiasan sobek daun pisang berukuran telapak tangan , lipat daun pisang ke kanan dan ke kiri hingga membentuk segitiga, lalu lipat lagi sisi lainnya, setelah itu beri staples atau bisa menggunakan lidi. Untuk membuat tampilan lebih menarik, buat juga pagar di sekelilingnya dari kacang panjang yang ditusuk dengan lidi.

2. Buat Tomat Menjadi Hiasan Bunga Mawar

Tomat yang berbentuk bulat bisa disulap menjadi bunga mawar yang cantik. Cara membuat hiasan tumpeng dari tomat yaitu kupas kulit tomat secara melingkar, sehingga menjadi lembaran tipis dan panjang dengan menggunakan cutter atau pisau. Usahakan kulit tomat tidak sampai terputus. Setelah itu, buatlah gulungan dari kulit tomat tersebut hingga membentuk bunga mawar mekar. Susunlah kelopak-kelopak bunga mawar tersebut di sekeliling nasi tumpeng.

3. Jadikan Cabai Besar Jadi Kelopak Bunga

Pilihlah cabai merah yang besar dan panjang, tapi angan buang tangkainya ya. Pertama, belah cabai merah menjadi dua bagian. Gunting bagian bawah cabai jangan sampai putus, hingga keatas dengan menggunakan gunting. Gunting bagian sisi yang lain, secara bergantian. Ulangi terus hingga membentuk kelopak bunga yang diinginkan. Agar lebih cantik, sebaiknya buang biji dan serat-serat cabai hingga bersih.

4. Hiasan Bunga Aster dari Wortel

Cara membuat hiasan tumpeng dari wortel membutuhkan wortel dengan ukuran yang cukup besar. Caranya iris wortel melingkar hingga membentuk bulatan dengan ketebalan sekitar 3 mm. Selanjutnya gunakanlah cetakan kue berbentuk bunga yang kecil untuk membuat pola kelopak bunga di sekelilingnya. Iris-iris bagian tengahnya dengan menggunakan pisau agar menyerupai bagian putik dari bunga aster.

5. Buat Timun Jadi Bunga Mawar

Potong timun, buang bagian pangkalnya yang keras. Gunakan pisau tajam untuk memotong timun, iris timun setipis mungkin agar nantinya bisa digulung. Susun timun setengah menumpuk secara sejajar dengan rapi. Selanjutnya gulung susunan timun tersebut, kalau ada yang pecah berarti irisannya terlalu tebal. Setelah tergulung potong gulungan timun tepat di tengah. Cara membuat hiasan tumpeng dari timun sudah selesai.

6. Buat Burung Dari Telur Puyuh

Rebus telur puyuh dan kupas kulitnya hingga bersih. Letakkan telur puyuh secara bersusun diatasnya dan di sisi depan telur puyuh beri ujung cabai merah menyerupai bentuk hidung atau paruh.  Lalu untuk membentuk matanya bisa menggunakan isi dari cabai, untuk mulut bisa menggunakan sedikit irisan wortel ataupun tomat.

Nah, itu tadi sedikit cara membuat hiasan tumpeng agar terlihat menarik. Sesuaikan ukuran hiasan dengan ukuran nasi tumpengnya agar nasinya tidak tampak kebesaran ataupun kekecilan. Tempatkan secara merata berbagai hiasan tersebut di berbagai sudut agar tumpengnya tampak cantik dan selaras. Selamat mencoba.


1:27:00 AM