Ini Manfaat dan Cara Memasang Iklan di Youtube




cara memasang iklan di youtube

Cara memasang iklan di Youtube, sangatlah mudah. Terlebih lagi dalam penampilan iklan di youtube bisa menghasilkan recehan yang lumayan banyak. Untuk itu banyak sekali pelanggan yang akan menampilkan iklan pada channel youtubenya. Terlebih lagi dalam penayangan iklan akan cepat mendapatkan pelanggan yang berpotensial. Untuk itu banyak sekali layanan iklan youtube yang dicari oleh pengguna channel youtube untuk menambah jumlah pengunjung yang menyaksikan video mereka.

Manfaat Menggunakan Iklan Youtube

Banyak sekali di era ini anak mudah yang lebih kreatif menuangkan ide positifnya melalui Internet. Hal ini dikarenakan pemanfaatan media sosial lebih efektif dibandingkan sistem langsung. Salah satunya dengan cara memasang iklan di Youtube pada chanel youtube yang mereka gunakan. Kelebihan dalam pemasangan iklan tersebut adalah :
  • Pembayaran iklan hanya saat iklan video ditonton. Pengiklan hanya akan dibayar jika iklan video ditonton selama lebih dari 30 detik atau keseluruhannya. Jika iklan yang muncul namun dilewatkan (skip), maka pemasang iklan tidak perlu membayar biaya. Dengan sistem pembayaran seperti ini, pengguna channel youtube tidak membuang uang iklan kepada orang yang tidak tertarik dengan iklan tersebut.
  • Jangkauan iklan lebih luas sehingga dapat ditayangkan di berbagai perangkat mobile. Pada era mobile dan multi-device, calon pelanggan biasa melihat iklan melalui smartphone, laptop, netbook, tablet atau komputer dimanapun keberadaan penonton berada. Bahkan menurut data, saat ini akses Youtube 50% berasal dari pengguna yang menggunakan perangkat mobile (Hp) dalam melihat video.
  • Iklan tertarget dan relevan. Berbeda dengan iklan di televisi. Iklan yang ditampilkan pada chanel youtube, sebaiknya iklan yang bisa dilihat oleh siapa saja. Atau untuk iklan yang bersifat dewasa, iklan tersebut dapat di atur dalam layanan penayangannya. Dimana waktu penayangan hingga preferensi-preferensi lain yang mana bisa membuat iklan jadi jauh lebih tertarget.

Cara Memasang Iklan Di Youtube

Dalam pemasangan iklan youtube, seseorang harus mengetahui cara-cara pentingnya. Agar iklan yang ditayangkan dapat menarik pengunjung yang melihat video tersebut. Apa saja cara itu, yuk simak berikut ini :

1. Aktifkan Akun Google

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan akun google yang dimiliki. Dengan mengaktifkan akun google tahap selanjutnya akan jauh lebih mudah untuk pemasangan Adsense. Google Adsense sebaiknya menggunakan browser yang sama agar lebih mudah menjalankannya.

2. Kunjungi Laman Youtube

Setelah mengaktifkan google Adsense. Tahap yang paling penting yaitu masuk ke bagian channel youtube yang telah dibuatnya. Dari laman tersebut akan ada tulisan "Subscribe" dan "Video Manager". Maka pemilik channel youtube pilihlah "video manager"

3. Klik Enable Pada Bagian Monetization

Ketika selesai mengklik "video channel" akan dimunculkan tampilan Dashboard. Yang mana pada menu channel klik enable pada bagian Monetization.

4. Tunggu Notification Konfirmasi

Saat jendela Dashboard telah selesai langkah berikutnya adalah menunggu konfirmasi pada Monetization. Yang mana isi dari monetizatio. Adalah "Enable My Account" dimana pengguna youtube channel harus mengaktifkan akun youtubenya terlebih dahulu.

5. Klik Accept Pada Jendela Persetujuan (Ijin Layanan)

Saat akun youtube telah aktif, maka youtube.com akan muncul jendela persetujuan. Dimana poin-poin dari arahan pemasangan iklan youtube pengguna channel harus memahami betul ketentuannya. Kemudian centang 3 poin yang telah disediakan. Hingga akhirnya muncul kata " Accept" klik tombol tersebut.

6. Klik Preview

Pada jendela setup langkah selanjutnya adalah munculnya halaman preview. Dimana default Youtube akan melihat Akun Adsense yang merupakan akun Hosted atau bukan. Jika masih menggunakan akun Hosted, pemilik channel hanya dapat memilih dua jenis iklan, yaitu Overlay in-video ads dan skippable video ads. Dalam tahap ini pemilik channel bisa Klik preview untuk melihat. Setelah itu klik Monetize.

7. Tahap Akhir " Got It"

Terakhir yaitu tahap penyelesaian yang mana dalam tahap ini pemasangan iklan di youtube kemungkinan besar sudah bisa digunakan. Untuk melihatnya survei lah video yang telah dibuat, kemungkinan besar iklan yang sudah jadi akan ditampilkan iklan. Sistem kerjanya pun sama dengan iklan Adsense di blog. Dalam cara pemasangan iklan Youtube akan menarik orang yang mengklik. Jadi selain mempromosikan blog, melalui video pun bisa menghasilkan uang.

Itulah cara memasang iklan di Youtube sesuai dengan kemampuan dan kepopuleran video yang dibuatnya. Kualitas video pun juga mempengaruhi pengunjung yang sedang mencari beberapa sumber informasi di Internet.


9:48:00 AM