Kerusakan Sekaligus Cara Memperbaiki Mesin Cuci Secara Mandiri




cara memperbaiki mesin cuci

Cara Memperbaiki Mesin Cuci - Mesin cuci kerap kali rusak sehingga pekerjaan menjadi tertunda. Banyak orang langsung memanggil tukang reparasi mesin cuci. Namun, hal ini tentu menambah biaya untuk membayar ongkos perbaikan. Padahal sebenarnya, kerusakan pada mesin cuci sering tidak terlalu parah dan bisa ditangani sendiri. Anda cukup mempelajari cara memperbaiki mesin cuci yang tidak terlalu rumit dan orang awam pun bisa mempraktekkannya. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk reparasi.

Kerusakan yang umumnya terjadi pada mesin cuci ialah tidak bisa berputar, tersumbat atau hal lainnya, baik mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung. Berikut ini kerusakan sekaligus cara memperbaiki mesin cuci yang dapat dilakukan secara mandiri.

Tidak Bisa Berputar

Penyebab tidak bisa berputar karena muatan mesin cuci terlalu banyak. Cobalah untuk mengurangi muatan terlebih dahulu. Jika tetap tidak bisa berputar secara normal berarti ada penyebab lain. Cek karet vanbelt, biasanya tidak bisa berputar karena karet vanbelt sudah terlalu longgar. Sehingga tidak cukup kuat untuk berputar. Anda dapat menggantinya dengan karet yang baru yang harganya cukup terjangkau.

Timer Bermasalah

Timer atau pengaturan waktu otomatis yang bermasalah menyebabkan mesin tidak berputar atau berputar satu arah saja. Cek pada kabel switcher selection. Biasanya timer yang bermasalah disebabkan oleh kabel di swither selection putus.

As Macet

Penyebab lain mesin cuci tidak berputar ialah as yang macet. Hal ini diakibatkan oleh mesin dinamo yang rusak karena kotor sehingga menjadi tersumbat. Oleh karena itu, bersihkan terlebih dahulu dinamo agar mesin bisa berputar kembali.

Tidak Bisa Membilas dengan Bersih

Masalah ini juga umum terjadi, anda dapat memperbaikinya sendiri. Jika hal ini yang terjadi maka cek katup pada bagian pasokan air yang tersambung dengan selang yang berguna untuk mengisi air. Selang yang menekuk bisa jadi menjadi penyebab air tidak bisa masuk dengan maksimal. Kemudian coba periksa selang apakah ada penyumbatan air kotor. Terakhir, jika masih saja belum kembali normal, isi air dalam jumlah banyak sehingga air yang keluar melalui selang mengalir deras membawa kotoran-kotoran atau lainnya yang menjadi masalah.

Kebocoran

Kebocoran mesin ditandai dengan keluarnya tetesan-tetesan air. Periksa selang pembuangan apakah sumber bocornya dari selang tersebut. Jika memang bgeitu, lakukan penggangtian selang pembuangan dengan yang baru. Cara lain yang dapat dilakukan ialah, berikan cuka sebanyak setengah cangkir atau sekitar 100 ml. Cara ini berguna untuk mengurangi residu berlebih yang membuat kebocoran.

Tidak Bisa Menyala

Cara memperbaiki mesin cuci untuk masalah ini ialah periksa setiap kabel yang terhubung dengan stop kontak. Pastikan sudah terpasang dengan baik. Coba hidupkan kembali mesin cuci. Kedua, periksa pintu mesin cuci. Pastikan sudah tertutup rapat karena beberapa mesin cuci tidak bisa menyala jika pintu belum tertutup dengan benar. Ketiga, periksa katub sebagai tempat air. Pastikan sudah terbuka dan mengalir dengan baik, begitu pula selang yang menjadi salurannya.

Tidak Dapat Membuang Air

Periksa selang di bagian belakang mesin cuci. Cobalah untuk mengaliri bagian dalam selang dengan air bertekanan tinggi untuk mendorong sumbatan. Pastikan pula ketinggian sambungan tidak lebih dari 2,5 , ujung selang telah terpasang dengan sempurna serta lubang air sudah terbuka. Selajutnya coba proses bilas mesin.

Jika masih belum normal, periksa pompa mesin cuci. Jangan lupa matikan terlebih dahulu mesin cuci. Pompa berada di bagian belakang bawah mesin cuci. Buka panelnya dan temukan pompanya. Ada bagian bulat dengan pegangan berbentuk oval di tengah yang biasanya terbuat dari plastik berwarna putih. Kemudian putar pegangan tadi berlawanan dengan arah jarum jam agar saringan terlepas. Tekan penutupnya dan akan keluar penyebab sumbatan-sumbatan. Bersihkan saringan dan coba masukkan jari ke lubang di sebelah kanan saringan untuk memastikan tidak ada sumbatan di kipas pompa. Kemudian pasang kembali semua panel dengan benar.

Itulah beberapa cara memperbaiki mesin cuci dengan beragam kerusakannya. Jangan lupa ketika memperbaiki mesin, matikan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau masalah, lakukan pengecekan secara berkala suku cadang seperti pompa, sabuk mesin dan timer. Bersihkan bagian-bagian yang bisa menjadi penyebab mesin cuci tidak berjalan dengan baik.


6:45:00 AM