Khasiat dan Cara Menanam Jahe Merah Yang Mudah Serta Cara MerawatSampai Panen




cara menanam jahe merah

Cara Menanam Jahe Merah - Jahe merah merupakan salah satu jahe yang dicari di pasaran untuk pembuatan wedang jahe. Jahe merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja khasiat dari jahe merah itu sendiri? Lalu bagaimana cara menanam jahe merah? Berikut ini sedikit penjelasan tentang khasiat, cara menanam jahe merah sampai cara merawat serta panennya.

Khasiat Jahe Merah

Jahe merah sendiri sudah dikenal oleh banyak kalangan, dari anak muda hingga orang tua. Hal ini dikarenakan khasiat dari jahe merah yang tidak hanya sebagai minuman penghangat badan. Jahe merah berkhasiat sebagai obat untuk menangani gejala flu, demam ringan, jantung dan bisa juga sebagai penurun berat badan.

Langkah Menanam Jahe Merah

Cara menanam jahe merah tidak terlalu sulit, bisa dikatakan mudah untuk ditanam. Berikut langkah cara menanam jahe merah :

1. Menyiapkan Lahan Tanah

Tahapan awal cara menanam jahe merah adalah menyiapkan lahan tanam. Lahan tanam haruslah berupa tanah yang subur dan juga gembur, bisa dilakukan dengan mencangkul atau  membajak tanah area tanam. Setelah itu, buat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang disesuaikan luas lahan.

Tinggi bedengan dibuat 25-30 cm, kemudian jarak tiap bedengan sekitar 50 cm. Setelah itu, taburkan pupuk kandang dengan dosis 10 kg untuk luas 10 meter. Lalu buat lubang tanam dengan jarak 25x25 cm, dengan kedalaman 25-30 cm. Isi lubang dengan pupuk sebanyak 0,5 kg. Biarkan selama 1 minggu agar siap tanam.

2. Memilih Benih Tanaman

Benih sangat berpengaruh terhadap cara menanam jahe merah ini. Pilih rimpang dengan ukuran yang besar, masih segar, dengan kadar air yang banyak serta tidak keriput. Rimpang harus dalam keadaan utuh atau tidak cacat, berwarna merah menyala, dan letakkan rimpang pada ruangan sejuk. Kemudian siram menggunakan air secukupnya, lalu biarkan rimpang sampai mengeluarkan mata tunas. Setelah muncul mata tunas, rimpang sudah siap untuk ditanam.

3. Penanaman Jahe Merah

Setelah tanah dan juga bibit jahe sudah  disiapkan maka persiapan sudah selesai. Masukan rimpang jahe ke setiap lubang tanam, tutup kembali lubang hingga merata. Yang perlu diperhatikan saat menutup tanah adalah bagian tunas tanaman jangan sampai tertutup tanah.

Taburkan furadan untuk mengurangi serangan jamur pada rimpang, siram dengan air secukupnya. Amati dalam 1 minggu bila bibit tidak tumbuh, periksa bibit, bisa jadi bibit membusuk dan perlu diganti dengan bibit yang baru. Lakukan penyulaman agar tanaman dapat tumbuh dengan seragam dapat dipanen bersamaan. Setelah itu lakukan perawatan dengan baik agar cara menanam jahe merah yang sudah dilakukan tidak sia sia.

Cara Merawat Dan Pemeliharaan Jahe Merah

Sebenarnya untuk merawat dan pemeliharaan dari jahe merah ini tergolong sederhana. Lakukan penyiraman tiap harinya terutama pada saat awal tanam. Akan lebih bagus jika menanam jahe merah ini pada saat musim kemarau. Siram dengan air secukupnya, jika terlalu banyak disiram maka bibit akan membusuk. Jangan lupa untuk menaburkan pupuk agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, disarankan menggunakan pupuk kandang atau organik saja. Lakukan pemupukan hingga 3 kali sampai dengan masa panen tiba.

Pemupukan dilakukan perbulan selama 3 bulan berturut turut dari awal tanam, untuk pupuknya usahakan benar benar kering. Jika pupuk basah dikhawatirkan akan merusakan umbi jahe merah. Penyiangan dilakukan 2-4 minggu sekali untuk membersihkan gulma dan rumput yang tumbuh disekitar jahe merah.

Panen Jahe Merah

Panen dapat dilakukan ketika jahe merah berusia 3-4 bulan. Pada akhir masa tanam panen dapat dilakukan dengan mencabut batang hingga umbinya. Lalu potong bagian pangkal batang, letakkan pada wadah yang bersih untuk menjaga kesegarannya. Pisahkan antara hasil panen yang baik dengan yang kurang baik. Untuk saran gemburkan tanah terlebih dahulu ketika akan memanen jahe merah agar mudah saat diambil dari tanah.

Itulah informasi khasiat, cara menanam jahe merah sampai cara merawat serta panennya. Sesuai dengan hasilnya tentunya cara menanam jahe merah sangat berpengaruh bagi hasil panennya. Untuk penanaman tanaman ini tergolong mudah dan tidak mahal. Jadi mulailah berfikir untuk mencoba menanam jahe merah yang berfungsi juga sebagai tanaman toga.


1:57:00 AM