Manfaat, Cara Menanam Mentimun Serta Tips Penanaman dan Pemanenannya




cara menanam mentimun

Cara Menanam Mentimun Serta Tips Penanaman - Buah atau sayuran yang sangat akrab dengan lalapan ini bisa membuat nafsu makan bertambah karena kesegarannya. Selain itu kandungan gizi dalam mentimun juga banyak, diantaranya Vitamin A, B12, B6, C, D, kalsium, protein dan banyak lagi. Mentimun sendiri memiliki nama lati Curcumis sativus L. Dan tergolong pada suku labu labuan, tidak heran jika biji dari mentimun hampir sama dengan buah labu.  Cara menanam mentimun pun terbilang tidak sulit dan bisa dipelajari dengan mudah.

Manfaat Mentimun

Tidak hanya karena kandungan gizi yang tinggi, mentimun ini juga memiliki khasiat lain. Yaitu dengan mengkonsumsi mentimun maka gula darah dalam darah akan stabil dan kolestrol pun akan stabil dan yang paling penting dengan memakan mentimun daya tahan tubuh akan meningkat. Dengan kadar air yang tinggi, mentimun juga akan bisa menghindarkan dari dehidrasi.

Cara Menanam Mentimun

Ketika kesusahan untuk mendapatkan mentimun jangan khawatir, disini akan dibahas cara menanam mentimun. Tentunya dengan cara yang mudah dan tidak bikin pusing, langsung saja berikut cara menanam mentimun dengan mudah :

1. Cari Waktu Tanam Yang Tepat

Waktu tanam mentimun yang tepat adalah ketika bukan musim hujan atau disarankan pada bulan April atau Mei. Karena pada bulan tersebut hujan biasanya hujan sudah mereda. Atau jika ragu bisa mengukur suhu dari tanah, suhu yang baik untuk menanam mentimun adalah 19-22  ͦC. Dan perhatikan suhu udara juga karena biasanya suhu tanah akan lebih dingin dari udara.

2. Persiapkan Lahan Tanah

Tanah yang digunakan harus terbebas dari gulma, dan usahakan meminimalisirkan penggunaan herbisida. Karena dapat mengganggu pertumbuhan dari mentimun. Gemburkan tanah atau mencampurkan pupuk secara merata agar nutrisi dalam tanah bertambah. Untuk pupuk disarankan pupuk kompos atau organik dan bisa dimasukkan ke dalam lahan tanam hingga 32 cm.

Usahakan  Ph tanah 7 jika terlalu rendah dapat menggunakan kaptan atau kapur pertanian untuk menurunkan ph. Jika terlalu tinggi dapat menggunakan sulphur atau aluminium sulfat.

4. Mempersiapkan Benih

Pilihlah benih yang sudah muncul tunasnya, bisa didapatkan di toko tani maupun koperasi tani. Namun jika ingin menanam dari biji maka pilihlah biji yang benar-benar layak tanam. Cara menanam mentimun bisa juga dilakukan di pot pot kecil atau polybag. Yang diletakkan di atas matras atau penghangat seperti meletakkan di bawah cahaya penumbuh atau incubator tanaman.

Pembibitan dilakukan 4 minggu sebelum masa tanam. Saat memindahkan harus berhati hati, dengan mengeluarkan secara digoyang goyang.

5. Penanaman Mentimun

Tanam bibit mentimun pada tanah yang kondisinya lembab dengan jarak 50 hingga 100 cm. Sedangkan untuk varietas semak dapat diperdekat dengan jarak 40 hingga 70 cm. Setelah ditanam tutup menggunakan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos.

Tips Penanaman dan Pemanenan pada Mentimun

Sedangkan untuk menjaga agar buah atau sayuran mentimun dapat tumbuh dengan baik dapat dilakukan dengan cara berikut :

1. Perawatan Penanaman Mentimun

Untuk perawatanya sendiri mentimun harus sering diawasi, dari tanah dan juga kelembaban suhunya. Penyiramanya pun harus di perhatikan jangan terlalu banyak atau sedikit karena sangat berpengaruh terhadap hasil. Penyiraman dilakukan sering namun dengan air yang pas.

2. Terali pada Mentimun

Untuk teralinya sendiri dapat menggunakan terali kandang, tongkat, kayu dan lain lain yang bisa digunakan sebagai penyangga tanaman. Karena mentimun tumbuh secara horizontal, maka pandulah sulur mentimun yang tumbuh ke terali yang telah ditancapkan secara hati hati. Bisa juga dengan cara vertical dengan cara ini hasil akan lebih baik karena paparan sinar matahari dan aliran udara lebih efektif.

3. Penambahan Mulsa

Mulsa yang dapat ditambahkan adalah mulsa organic seperti jerami ataupun serpihan kayu. Untuk waktunya dapat diberikan ketika tunas pada bibit mentimun sudah muncul. Jika ingin menambahkan mulsa plastic sebelum benih muncul dan mulsa plastic berwarna gelap. Karena sangat baik menjaga tanah agar tetap hangat dan lembab.

4. Penyiraman

Penyiraman dilakukan 2 kali dalam seminggu, gunakan selang atau penyiram tanaman berikan air secukupnya hingga rasa tanah basah. Usahakan tanah lahan tidak kering dan selalu dalam keadaan lembab. Jika tidak ingin bersusah payah gunakan system irigasi tetes untuk mengatur aliran air tetap konsisten.

5. Pemupukan Mentimun

Untuk waktu pemupukan dapat dilakukan 2 minggu sekali. Pemupukan dilakukan pada atas tanah tanam dengan pupuk basah agar lebih cepat meresap ke tanah.

6. Pemanenan Mentimun

Panenlah mentimun ketika berwarna hijau segar dan pemanenan timun yang berwarna pucat. Dengan panjang sekitar 15 sampai 30 cm. Jika mentimun terlalu besar dan berwarna kuning maka sebaiknya dibuang. Karena kandungan dalam mentimun yang besar dan kuning  berbahaya dan rasanya pun pahit. Petiklah dari sulurnya secara hati-hati.

Mentimun memiliki banyak varietas dan cara menanam mentimun ini adalah diperuntukkan bagi semua varietas. Jadi ketika berbelanja ke pasar maupun supermarket dan tidak ada mentimun, jangan khawatir karena ada cara menanam mentimun yang bisa dilakukan seperti di atas.



1:07:00 AM