Sebab dan Cara Menghilangkan Insomnia Paling Mudah




cara menghilangkan insomnia

Cara Menghilangkan Insomnia - Insomnia adalah salah satu gejala yang mungkin sering kita alami. Insomnia sendiri adalah suatu istilah untuk sebuah penyakit sulit tidur. Hal ini mungkin sering dirasakan oleh sebagian besar dari kita. Mengingat banyak hal yang mungkin tidak bisa kita tinggalkan. Namun jangan khawatir ada beberapa cara menghilangkan insomnia paling mudah yang bisa kita lakukan. Tujuannya untuk menambah jam tidur kita.

Penyebab Insomnia

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya insomnia. Bisa karena efek keturunan ataupun kebiasaan sehari-hari. Insomnia bisa dikategorikan sebagai sebuah penyakit, memang dampak yang terjadi tidak langsung dirasakan. Namun akan sangat terasa jika kita sudah mulai beranjak tua. Banyak sekali penyebab insomnia beberapa penyebabnya adalah hal yang mungkin sering kita lakukan.

Kebiasaan buruk, seperti minum alkhohol ataupun begadang setiap malam, menjadi penyebab yang paling utama. Sangat sering kita jumpai dan kita lakukan beberapa penyebab insomnia diatas. inilah yang bisa menyebabkan penyakit insomnia datang. Karena tubuh yang harusnya digunakan untuk beristirahat, namun tetap digunakan untuk beraktivitas.

Cara Menghilangkan Insomnia

Jika kita sudah mengalami penyakit insomnia yang akut, maka kita harus segera mengantisipasinya agar tidak terlalu jauh. Banyak cara untuk menghilangkan insomnia yang harus kita ketahui. Tujuannya adalah sedikit demi sedikit mengurangi penyakit ini untuk terus tumbuh. Bagi kita yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan insomnia, berikut diantaranya :

1. Mengubah Gaya Hidup

Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah mengubah gaya hidup. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sudah saatnya untuk dikurangi. Contoh kecil seperti merokok, minum alkohol ataupun yang lainnya. Hal ini bisa memicu jantung untuk terus bekerja padahal sudah waktunya untuk diistirahatkan. Inilah yang harus kita rubah dari  sekarang agar tidak menjadi candu yang berlebih ke depannya.

2. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Yang kedua adalah dengan sering melakukan aktivitas fisik, artinya kita harus terus menggerakkan tubuh kita agar terasa lelah. Jika sudah merasa lelah otomatis tubuh kita akan bereaksi untuk istirahat. Hal ini sangatlah penting karena istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita bugar kembali. Oleh karena itu perbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga, usahakan setiap hari agar tubuh kita tidak terlalu kaku.

3. Berolahraga Rutin

Seperti apa yang sudah disampaikan diatas adalah dengan berolahraga secara rutin. Lakukanlah olahraga secara terus menerus, seminggu tiga kali ataupun setiap hari. Aktivitas olahraga ini nantinya yang akan membuat tubuh ringan dan mudah untuk diistirahakan. Cara ini mungkin yang paling mudah dilakukan karena setiap sendi kehidupan kita tidak bisa dilepaskan dari berolahraga. Jadi lakukanlah hal-hal yang positif untuk membantu kita meminimalisir insomnia.

4. Hindari Kebiasaan Bermain Gadget Tengah Malam

Berikutnya yang juga sering kita lakukan adalah bermain gadget sampai tengah malam. Biasanya kita tidak akan bisa untuk tidur jika masih terus bermain gadget, entah chatting atau bermain game. Hal ini akan memicu otak terus-menerus bekerja memikirkan sesuatu. Padahal semua organ tubuh juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidak jarang jika kita kurang tidur tubuh akan terasa lemas dan kepala akan pusing.

5. Hindari Kopi

Hal ini mungkin akan sulit untuk dilakukan bagi kita yang sudah kecanduan kopi. Mengkonsumsi kopi selepas pukul 6 sore akan membuat kita sulit untuk tidur. Dikarenakan kandungan caffeine yang ada dalam kopi cukup banyak. Maka dari itu kita sering sekali melihat orang-orang yang kuat begadang sampai pagi, karena di saat itu juga mengkonsumsi kopi. Jadi usahakan hindari untuk mengkonsumsi kopi selepas pukul 6 sore untuk menghindari terjadinya insomnia pada diri kita.

6. Usahakan Jangan Tidur Siang

Mungkin cara ini juga bisa dibilang paling mudah untuk dilakukan. Usahakan jangan tidur di siang hari, mengapa? Karena jika kita tidur di siang hari tubuh akan meresponnya dan imbasnya kita tidak akan bisa tidur cepat di malam hari. Biasanya jika kita tidur siang akan terasa sangat nyaman. Namun jika berlebihan akan membuat tubuh kita tidak bisa diistirahatkan di malam hari, karena sudah habis terpakai di siang hari.

Itulah informasi tentang cara menghilangkan insomnia paling mudah dan penyebabnya. Beberapa cara diatas diharapkan dapat membantu kita untuk mengurangi resiko insomnia yang berlebihan. Tujuannya untuk tetap menjaga kesehatan kita, dan tubuh lebih bugar dan segar.


9:53:00 AM