Simak, Begini Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Tidak Dingin




caramemperbaikiacmobil

Cara Memperbaiki AC Mobil - Faktor penting dalam sebuah mobil adalah Air Conditioning atau disingkat AC, yang berfungsi untuk mengkondisikan udara dalam mobil. Mengkondisikan suhu adalah menurunkan dan meningkatkan serta mengurangi tingkat kelembaban udara di dalam mobil. Pentingnya AC dalam sebuah mobil membuat informasi cara memperbaiki AC mobil banyak diakses oleh pengguna internet.

Prinsip kerja dari AC adalah evaporasi, kondensasi, kompresi, dan ekspansi. Evaporasi atau ber-evaporasi adalah mengangkat energi panas, prinsip selanjutnya kondensasi atau pengembunan, prinsip kompresi dapat menimbulkan panas, dan terakhir ekspansi digunakan untuk menurunkan suhu. Jika AC mobil tidak dingin jangan buru-buru bawa ke bengkel karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri. Berikut cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin, di antaranya :

1. Melakukan Pengecekan Pada Ventilasi AC

Melakukan pengecekan Ventilasi AC penting untuk dilakukan ketika udara yang dihasilkan tidak dingin. Karena ventilasi AC yang jarang dibersihkan membuat debu bersarang di dalamnya dan menyumbat udara dari dalam AC untuk keluar. Lakukan pembersihan pada ventilasi AC hingga tidak ada debu menggunakan kuas hingga debu hilang dan tidak menghalangi ventilasi.

Sebelum semakin banyak debu lebih baik lakukan pembersihan secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Debu yang menempel membuat kondisi AC menjadi tidak dingin. Debu yang bersarang pada ventilasi akan menghalangi penyuplaian udara dari dalam AC. Semakin banyak debu yang menempel pada ventilasi AC membuat udara AC semakin tidak dingin.

2. Melakukan Pengecekan Pada Isi Freon

Setelah melakukan pengecekan pada ventilasi AC, namun masih tidak ada perubahan pada suhu udara AC lakukan pengecekan isi freon. Freon yang mulai habis akan membuat AC menjadi tidak dingin. Jika freon habis namun AC tetap menyala akan terjadi pemborosan, karena hanya akan menghabiskan energi tanpa mengeluarkan udara dingin.

Jika memang isi freon mulai menipis atau habis, harus melakukan isi ulang pada freon dengan langkah-langkah seperti berikut ini.
  • Pertama siapkan freon kaleng, vleg freon, quick connect, Manifold, dan selang kuning dan biru.
  • Setelah itu hubungkan freon kaleng dengan manifold dan hubungkan juga manifold dengan selang. Selang berwarna biru di hubungkan di posisi bawah dan selang kuning di bagian samping.
  • Langkah selanjutnya ukur tekanan freon dalam kondisi mobil mati, dengan cara hubungkan quick connect pada selang warna biru. Lalu hubungkan Quick Connect pada port L. Tekanan AC akan menujukkan angak 100.
  • Kemudian lakukan pengecekan saat mobil menyala dan AC menyala jika tekanan kurang dari 30 lakukan pengisian ulang denga cara menghubungkan freon kaleng ke kabel kuning.
  • Terakhir buka manifold dan setelah itu buka freon kaleng lakukan hingga tekanan sampai di angka 30 atau lebih.

3. Melakukan Pengecekan Pada Bagian Spul Magnetic

Melakukan pengecekan pada bagian spul magnetic juga merupakan salah satu langkah cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin. Spul Magnetic atau cluth yang putus bahkan mati bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin, pengecekan pada bagian spul dilakukan pada saat menghidupkan mobil.

Tanda kerusakan biasanya ditandai proses penghidupan mobil tanpa dibarengi dengan bagian kompresor AC yang tidak berputar. Jika spul magnetic rusak akibat kebocoran listrik tegangan tinggi, cukup dengan menutup bagian yang bocor.

Selanjutnya, jika kerusakan yang menyebabkan api busi tidak keluar, lakukan dengan cara memberikan anti karat pada logam yang berkarat dan pada sisi koil yang bersentuhan dengan pegas.

4. Cek Fan Belt AC

Pengecekan pada bagian Fan Belt AC juga harus dilakukan, karena jika Fan belt AC putus juga menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin. Salah satu cara untuk memperbaiki Fan Belt AC yang putus adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Namun, jika sedang ada di dalam perjalanan dan jauh dengan bengkel, bisa memanfaatkan tali sepatu untuk digunakan sebagai pengganti Fan Belt AC sementara hingga sampai ke bengkel. Cara ini memang cukup ampuh dilakukan pada saat darurat hingga anda menemukan bengkel.

5. Bersihkan Radiator

Pembersihan radiator perlu dilakukan, karena radiator yang kotor dapat menyebabkan udara dari AC menjadi tidak dingin. Cara memperbaiki AC mobil dalam kondisi seperti ini adalah dengan cara membersihkan radiator dengan menggunakan coolant radiator, dan cairan pembersih radiator.

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin. Lakukan perawatan secara berkala pada AC mobil, supaya tidak terjadi kerusakan yang fatal pada AC mobil.


7:55:00 AM