Simak, Inilah 7 Cara Memperbaiki Printer Yang Bermasalah




caramemperbaikiprinter

Cara Memperbaiki Printer - Printer merupakan peripheral komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen dari komputer. Seiring dengan perkembangan zaman, printer dapat mencetak berbagai jenis dokumen seperti laporan, gambar, hingga foto. Semakin banyaknya pengguna printer, informasi mengenai cara memperbaiki printer banyak diakses oleh para pengguna internet.

Jenis printer yang banyak digunakan saat ini adalah printer injcet, cara kerja printer injet dengan cara menyemprotkan tinta dari catridge ke kertas cetak. Kerusakan pada printer inject biasanya terjadi karena penyumbatan yang disebabkan oleh tumpukan tinta. Selain masalah tersebut kenali cara memperbaiki beserta penyebab kerusakan pada printer berikut ini.

1. Melakukan Pengecekan Pada Kabel USB

Ketika printer bermasalah, cara memperbaikinya adalah dengan cara melakukan pengecekan pada kabel USB.  Printer yang macet bisa disebabkan oleh kabel USB printer tidak tersambung dengan komputer. Masalah ini disebabkan USB yang menghubungkan antara printer dan komputer bermasalah.

Cara memperbaiki printer saat terjadi kondisi seperti ini periksa kabel USB yang menghubungkan antara printer dengan komputer, pastikan kondisi kabel baik atau tidak, pastikan juga pemasangannya benar, atau bisa juga menggunakan kabel USB lain yang berbeda untuk mengecek kelayakan kabel.

2. Melakukan Pengecekan Pada Driver Yang Telah Ter-install Bermasalah Atau Corrupt

Melakukan pengecekan pada driver merupakan sebuah langkah untuk mengatasi printer yang bermasalah. Hal ini disebabkan karena driver printer bermasalah sehingga membuat terputusnya koneksi printer. Cara memperbaiki printer dengan kondisi driver printer bermasalah, pastikan bahwa driver printer telah terpasang. Setelah itu cek kondisi driver, dengan cara menjalankan software driver tersebut.

Untuk memastikan driver printer tidak bermasalah, lakukan install ulang driver. Melakukan install ulang pada driver merupakan cara ampuh untuk memperbaiki printer yang tidak mau bekerja.

3. Melakukan Pengecekan Ketersediaan Tinta Printer

Cara memperbaiki printer yang disebabkan oleh tinta habis adalah dengan melakukan pengecekan pada catridge terlebih dahulu. jika head catridge kering, maka bisa dipastikan jika tinta printer habis. Jika menggunakan printer infuse, cukup melihat isi tabung printer. Sebaiknya lakukan pengisian kembali saat sisa tinta masih tersisa kurang lebih 20%.

Tinta merupakan komponen paling penting dari printer, jika tinta printer habis maka printer tidak akan bisa mencetak dokumen. Tanda-tanda tinta printer habis adalah, printer akan tetap berjalan namun tidak akan ada gambar yang tercetak pada kertas.

4. Cek Lubang Penyemprotan Tinta

Cara memperbaiki printer dengan kondisi seperti ini dengan cara melepaskan catridge dari printer. Lakukan pelepasan secara hati-hati, jangan sampai memegang chip pada catridge. Setelah terlepas celupkan ujung catridge kedalam baskom berisi air hangat.  Lakukan langkah ini berkali-kali dengan menggunakan air yang baru.

Penyebab printer macet atau gagal mencetak dokumen selanjutnya dikarenakan tinta kering. Tinta yang kering menyebabkan tersumbatnya lubang penyemprotan tinta pada head catridge. Untuk memperbaiki printer akibat tinta kering lalukan deep cleaning atau mengatasi secara manual.

5. Melihat Di Dalam Printer Apa Ada Barang Yang Menyangkut

Melihat di dalam printer apakah ada barang yang menyangkut dengan cara buka casing atau penutup printer jika memang ada barang yang menyangkut buka pemisah kertas. Lakukan pengambilan kertas atau benda yang menyumbat, pegang dan keluarkan secara perlahan hingga seluruh bagian telah keluar.

Terakhir, kembalikan pemisah kertas yang tadi dibuka ke posisi semula dan tutup kembali casing printer. Masalah ini disebut paper jam, yang dimaksud dengan paper jam adalah adanya kertas atau benda lain yang tersangkut pada printer.

6. Melakukan Pengecekan Pada Roll Penarik Kertas

Melakukan pengecekan pada roll kertas merupakan cara yang bisa dilakukan ketika printer macet atau bermasalah. Untuk mengecek kerusakan roll penarik kertas, dilakukan dengan cara membuka cover printer, dan memeriksa jalur masuk dan keluar kertas.

Perhatikan apakah pengaitnya rusak sehingga tidak bisa mencetak kertas, jika roll benar-benar rusak maka harus segera diganti. Kerusakan pada roll penarik membuat printer tidak bisa mencetak dokumen.  Penyebab roll rusak biasanya ada benda yang menyangkut pada bagian roda penggerak.

Demikian ulasan cara mengatasi printer yang rusak beserta penyebab-penyebabnya. Cara memperbaiki printer di atas ampuh untuk mengatasi printer yang rusak. Lakukan pengecekan serta perawatan secara berkala pada printer yang dimiliki supaya tidak terjadi kerusakan seperti di atas.


6:18:00 AM