Tips Memilih Mangga dan Cara Membuat Manisan Mangga Kering




cara membuat manisan mangga

Tips dan Cara Membuat Manisan Mangga Kering - Banyak orang memilih mengemil berbagai jenis manisan buah kering. Salah satunya adalah mangga karena terbilang buah yang mudah didapatkan. Namun seperti apa buah mangga yang baik untuk manisan dan bagaimana cara membuat manisan mangga kering? Berikut penjelasannya:

Tips Memilih Mangga Untuk Dijadikan Manisan

Sebelum mengetahui cara membuat manisan mangga kering, sebaiknya mengetahui tips memilih mangga yang baik untuk dijadikan manisan. Ada banyak jenis mangga di Indonesia apa lagi di dunia. Jika asal memilih tentu tidak akan mendapatkan yang berkualitas baik. Berikut tips memilih mangga untuk dijadikan manisan:
  • Perhatikan warnanya. Sebenarnya warna pada mangga tidak terlalu berpengaruh apakah mangga itu baik atau tidak. Karena mangga yang matang memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kuning terang, merah muda, dan hijau, semua tergantung jenis dan musimnya. Tetapi untuk membuat manisan mangga kering hanya perlu mangga muda dengan kualitas super tentunya.
  • Periksa tampilan mangga. Cara membuat manisan mangga haruslah dengan mangga yang baik. Untuk mengetahui apakah mangga itu baik dan bagus dengan cara melihat tampilannya. Jika mangga matang biasanya memiliki bercak coklat, jadi jangan heran karena hal itu adalah wajar.
  • Hirup aroma mangga. Semua mangga mengeluarkan aroma kuat walaupun sudah busuk. Namun mangga yang bagus beraroma wangi serta manis. Aromanya seperti melon serta nanas dan ada bau wortel sedikit. Harum mangga yang mampu membuat siapapun yang menghirupnya merasa tergiur ingin memakannya berarti itu mangga bagus.
Hindari mangga yang memiliki aroma kecut seperti alkohol karena dapat dipastikan mangga tersebut terlalu matang. Namun dalam membuat manisan yang lebih cocok adalah mangga mengkel atau yang masih muda. Dengan mengetahui mangga yang baik akan mudah untuk mempraktekkan cara membuat manisan mangga kering.

Bahan Membuat Manisan Mangga Kering

Selain mangga untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dari cara membuat manisan mangga kering adalah dengan menyiapkan bahan pendukung lainnya. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan saat membuat manisan mangga kering:

1. Bahan Utama

Bahan ini merupakan bahan yang wajib ada dalam pembuatan manisan mangga kering. Inilah rincian bahan utama:
  • Buah Mangga Mengkal (5 buah atau sesuai keinginan)
  • Air bersih 1,5 liter
  • Gula pasir 1,5 kg
  • Sodium benzoat 3,5 gram
  • Antioxidant 1,5 gram
  • Asam sitrat 30 gram

2. Bahan Perendam

Untuk menghasilkan manisan yang baik, cara membuat mangga kering yang berikutnya adalah perendaman. Didalam proses ini tentunya diperlukan bahan. Berikut bahan perendaman:
  • Gula pasir 2 kg
  • Air bersih 3 liter
  • Citrus Acid 25 gram
  • Sodium benzoat 3,5 gram

Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Setelah menemukan mangga yang baik dan sesuai untuk dijadikan bahan utama pembuatan manisan mangga kering serta memahami tips memilih mangga yang baik, sampailah di tahap akhir dari cara membuat manisan mangga kering. Berikut cara membuat manisan mangga kering:

1. Kupas, Cuci Dan Pisahkan Daging Dan Biji Mangga

Awali dengan mengupas mangga lalu mencuci serta memisahkan daging dan biji mangga. Potong mangga sesuai selera. Lalu bersamaan dengan memotong mangga, rebus air sampai mendidih. Angkat air yang telah mendidih dan tuangkan antioxidant lalu aduk sampai rata

2. Merebus Mangga

Cara membuat manisan mangga kering berikutnya adalah mangga dimasukkan dalam air tadi. Rendam selama 5 menit dan tiriskan. Lalu campurkan bahan perendam. Rebus hingga mendidih baru diangkat dan tunggu dingin. Lalu campurkan mangga dan rebusan bahan perendam. Diamkan selama 12 jam, baru kemudian diangkat.

3. Merendam Mangga

Bahan perendam yang telah dilarutkan dimasak kembali dan tambahkan 1 kg gula dari bahan utama. Masak larutan gula selama 10 menit dengan suhu sekitar 80 derajat celsius. Lalu setelah menggolak dinginkan. Masukan mangga dan diamkan 12 jam. Setelah itu angkat mangga dan tiriskan.

4. Mengeringkan Mangga

Mangga dikeringkan dengan oven dengan suhu 60 derajat celsius selama 4 jam, atau jika cuaca panas dapat dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, campurkan mangga dengan sisi gula di bahan utama lalu aduk. Setelah itu panggang kembali selama 3 jam. Lalu angkat, dinginkan dan siap disantap. Itulah cara membuat manisan mangga kering yang terakhir.

Itulah tips memilih mangga dan cara membuat manisan mangga kering. Dengan mengikuti setiap langkahnya akan dapat menghasilkan manisan yang tentu enak dan segar. Cara ini juga dapat digunakan untuk jenis buahan lain.


2:55:00 AM