Cara cepat melapor dan menghapus akun facebook palsu yang menyamar menjadi anda

Cara cepat melapor dan menghapus akun facebook palsu - Berdasarkan data dari Statisca.com jumlah pengguna aktif facebook per April 2019 adalah 372.000.000 users, itu yang aktif login setiap hari, jika ditotalkan semua akun facebook diseluruh dunia jumlahnya adalah 2.38 Miliar akun itu belum termasuk akun fiktif yang dihapus oleh tim Facebook yang jumlahnya mencapai 3 miliar, dengan jumlah pengguna yang cukup fantastis tersebut facebook kerap dijadikan media pelaku kejahatan cyber untuk menjalankan aksinya.

Di Indonesia sendiri sudah dibentuk Satuan Cyber Crime Bareskrim Polri untuk mendeteksi segala bentuk kejahatan yang ditimbulkan karena pemanfaatan teknologi internet, atau sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan internet yang berbasis pada kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi.

Facebook sangat populer dikalangan millenials bahkan merambah pasar opa-opa, karena memang bisa diakses disegala perangkat asal bisa terhubung dengan jaringan internet, dan istimewanya facebook dibandingkan dengan media sosial lainnya adalah facebook menyedia versi gratisan yang bisa diakses tanpa menggunakan pulsa. 

Namun demikian tidak jarang facebook dijadikan media untuk melakukan tindak kejahatan, anda bisa browsing lewat google untuk melihat berbagai jenis kasus kejahatan yang pelakunya menggunakan facebook sebagai alat melakukan modusnya tersebut, oleh karena itu sudah saatnya anda waspada dan pilih-pilih teman ketika sedang bersosial di facebook.

Salah satu bentuk kejahatan yang sangat sering terjadi adalah tindak kejahatan dengan menggunakan akun facebook palsu atau sering disebut dengan Fake Account, pelaku menggunakan akun dan identitas orang lain atau mencuri foto dan identitas seseorang kemudian membuat akun facebook yang seolah-olah memang orang bersangkutan yang melancarkan aksi kejahatan tersebut, sehingga ketika aksinya terendus pelaku tersebut setidaknya bisa kabur sementara dari jangkauan penegak hukum.

Khusus untuk anda yang menggunakan facebook dengan jumlah teman hingga ambang batas maksimal lintas daerah dan negara, saya sarankan untuk menyeting privasi sedemikian rupa, misalnya pengaturan siapa yang bisa melihat foto anda, siapa yang bisa mengomentari foto anda, apa perlu terlihat dan tidak boleh terlihat ke publik.

Kemudian untuk mendeteksi bahwa Facebook atas nama anda merupakan satu-satunya milik anda dengan foto dan data yang sama dengan cara mengetik nama anda dikolom pencarian facebook nanti anda akan disuguhkan hasil pencarian nama-nama akun facebook yang serupa dengan nama anda, jika nama sama dengan foto profil berbeda berarti itu akun riil, karena nama-nama facebook bisa ditemukan sama hingga sampai 100 akun lebih.

Bagaimana jika ditemukan akun facebook dengan nama anda, atau nama yang nyaris seperti mewakili anda dengan foto profil anda, padahal anda tidak pernah membuat atau memiliki akses ke akun tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa itu adalah Fake Account, segera laporkan ke Admin facebook agar segera diambil tindakan preventif.

Menurut Facebook Akun palsu adalah akun yang digunakan seseorang yang berpura-pura menjadi sesuatu atau seseorang yang tidak ada. Akun palsu bisa meliputi akun orang, binatang peliharaan, selebriti, atau organisasi palsu atau pura-pura. 

Jika ada akun yang berpura-pura menjadi Anda atau seseorang yang Anda kenal, Anda bisa mempelajari cara melaporkannya dengan alasan penyamaran atau akun palsu.

Cara melaporkan Fake Akun pada Facebook seperti berikut ini :
  1. Anda harus login ke akun Facebook anda,
  2. Selanjutnya Buka profil akun palsu tersebut
  3. Jika tidak bisa menemukannya, coba cari nama profilnya atau minta teman Anda untuk mengirimi Anda link ke profil itu.
  4. Klik di foto sampul atau klik tanda titik berderet 3 buah disamping menu "Pesan", nanti akan ada Submenu "Beri masukan atau Laporkan profil ini", dan klik menu tersebut 
Cara melaporkan akun facebook Palsu
Kunjungi Profil Fcebook Palsu yang mencaplok Foto anda, dan ikuti langkah-langkah seperti diatas
Cara melaporkan akun facebook Palsu
Klik pilihan "Akun Palsu" kemudian klik Tombol Kirim pada kanan bawah
Cara melaporkan akun facebook Palsu
Laporan anda akan diteliti oleh tim facebook, jika diterima maka tampilan profil yang dilapor akan seperti ini
Berdasarkan pengalaman saya melaporkan Fake Facebook akun, tidak kurang dari 10 detik, akun Facebook Palsu yang saya laporkan sudah dihapus oleh tim admin Facebook, asalkan laporan anda benar-benar sesuai fakta dan tidak mengada-ada atau sekedar ingin menjebak orang lain. untuk mengetahui akun palsu yang anda laporakn sudah dihapus atau tidak, anda bisa mengunjungi profil atau link profil facebook yang anda laporkan dengan browser yang berbeda, misalkan anda login dan melaporkan menggunakan browser Mozila Firefox, maka untuk mengecek hasil laporan anda gunakan Google Chrome dengan kondisi facebook sudah Log out.

Jika laporan anda tidak ditanggapi atau terlalu lama ditanggapi oleh tim facebook, maka saya sarankan anda menghubungi teman-teman anda dengan menjelaskan kronologis ceritanya, kemudian meminta mereka melaporkan akun palsu tersebut sesuai seperti apa yang anda lakukan, bila perlu minta 5 sampai 20 teman untuk melaporkan, kemudian viralkan di linimasa anda, agar orang-orang juga ikut melaporkan hal serupa, hal ini untuk menghindari akun palsu tersebut digunakan untuk tindak kejahatan yang mengatasnamakan anda lebih jauh lagi.

2:47:00 AM