Komentar Spam menurunkan kredibilitas blog di mesin pencari google

Komentar Spam - Anda mungkin masih belum percaya bagaimana lawan atau saingan bisnis online anda menghancurkan reputasi blog anda dimesin pencari seperti google hanya dengan menerbitkan komentar-komentar spam, persaingan tidak sehat bukan hanya terjadi di dunia bisnis offline namun juga merambah ke dunia bisnis online, seperti yang saya alami sendiri bagaimana blog ini yang semulanya punya trafik bagus, natural yang berasal dari mesin pencari google tiba-tiba mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Niat hati ingin mendaftarkan blog ke adsense justru tim adsense menganggap trafik blog ini tidak sah, walah kok bisa begitu ya?, bayangkan trafik yang semula berkisar antara 600 - 850 setiap harinya, tiba-tiba anjlok tinggal 50 visitors perhari itupun sudah diangka maksimal dan cenderung menurun.

Saya berpikir keras cari solusi, berusaha mencari penyebabnya, perasaan semua artikel yang saya publikasi diblog ini merupakan artikel original bukan artikel hasil copas atas hasil artikel bot spin, apa karena ganti template dari gratisan ke premium?, gak juga kayaknya.

Usut punya usut setelah saya klik sana sini barulah terkuak ketika mengklik menu komentar, disana bejibun komentar spam, hingga 500 komentar, waduh pantasan blog ini hancur kredibilitasnya dimata google, padahal sudah berumur 4 tahun, tanpa pikir panjang saya hapus semua komentar spam tersebut, dan saya memutuskan untuk menonaktifkan kolom komentar.

Terang saja, beberapa jam kemudian pasca saya menghapus semua komentar dan merefresh ulang blog, ketika buka akun adsense dan mendaftar disana kurang dari setengah hari sudah diterima oleh adsense padahal sebelumnya pendaftaran saya ditolak berkali-kali oleh tim adsense.

pesan saya buat para blogger, jika dirasa punya banyak saingan dan punya banyak artikel-artikel review seputar bisnis online sebaiknya kolom komentar dinonaktifkan saja, selain untuk menghindari para tangan-tangan jahil nyepam, juga meringankan loading blog, sehingga blog semakin cepat diakses.

5:39:00 AM